Humaidi, Humaidi (2020) Peran guru dalam meningkatkan kecerdasan sosial santriwan dan santriwati di pondok pesantren Hadil Ishlah Bilebante Tahun Pelajaran 2020/2021. Undergraduate thesis, UIN Mataram.
![]() |
Text
Humaidi 160105026.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (614kB) |
Abstract
INDONESIA Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) Tingkat kecerdasan sosial yang dimiliki santriwan dan santriwati di Pondok Pesantren Hadil Ishlah Bilebante; (2) Program Guru dalam meningkatkan kecerdasan sosial santriwan dan santriwati di pondok Pesantren Hadil Ishlah Bilebante Tahun Pelajaran 2019/2020; (3) Kendala Yang Dihadapi Dan Solusi Yang Dilakukan Oleh Para Guru Dalam Meningkatkan Kecerdasan Sosial Santri di Pondok Pesantren Hadil Ishlah Bilebante Adapun pendekatan penelitian yang digunkan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif jenis penelitian studi kasus yang dimana merupakan penelitian yang menelaah suatu kasus secara mendalam suatu kejadian. Kehadiran peneliti adalah sebagai instrumen kunci yang berperan dalam mengamati objek penelitian yang akan diteliti. Dalam mengumpulkan data, peneliti menggunakan tehnik obeservasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil-hasil data yang diperoleh dilapangan kemudian akan dianalisis melalui reduksi data, penyajian dan kemudian penarikkan kesimpulan. Selanjutnya peneliti melakukan pengecekan keabsahan terhadap data dengan melakukan perpanjangan pengamatan, meningkatkan ketekunan dan trianggulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat kecerdasan sosial yang dimiliki para santriwan dan santriwati di pondok pesantren Hadil Ishlah Bilebante cukup baik dan terwujud melalui program-program yang dibuat oleh para Guru. Program Guru dalam meningkatkan kecerdasan sosial para santri yaitu (1) Mengadakan monitoring lapangan dari para Guru; (2) Meyelenggarakan program NIHA‟IE; (3) Adanya organisasi santri (ORGANTRI). Adapun kendala yang dihadapi oleh para Guru dalam meningkatkan kecerdasan sosial santriwan dan santriwati diantaranya, (1) Kurangannya dukungan dari masyrakat di sekitar lingkungan pondok pesantren; (2) Kurangnya kepercayaan diri santri; (3) Jumlah santri yang banyak; (4) Pengaduan ke para orang tua santri. Adapun solusi yang dilakukan yaitu (1) menyelenggarakn program Nihai’e; (2) memberikan materi yang cukup dan motivasi kepada santri; (3) mengadakan kelompok organisasi santri (ORGANTRI); (4) memberikan peringatan dan nasihat.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | guru; keceerdasan sosial; psikologi pendidikan |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130109 Pesantren (Islamic boarding school) 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170103 Educational Psychology |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial |
Depositing User: | Yunita Lestari S.Adm, M.Sos |
Date Deposited: | 25 Feb 2022 08:23 |
Last Modified: | 25 Feb 2022 08:23 |
URI: | http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/2176 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |