Wadi, Hamzah (2020) Meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi melalui metode snowball throwing berbantuan media gambar kelas X MA Darul Ishlah Lendang Batah Utara Tahun Ajaran 2020/2021. Undergraduate thesis, UIN Mataram.

[img] Text
Hamzah Wadi 160105078.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

INDONESIA Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan motivasi belajar siswa melalui metode Snowball Throwing berbantuan media gambar pada mata pelajaran ekonomi kelas X di MA Darul Ishlah Lendang Batah Utara tahun ajaran 2020/2021. Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus dan setiap siklusnya terdiri dari dua kali pertemuan. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X di MA Darul Ishlah Lendang Batah Utara tahun ajaran 2020/2021 yang berjumlah 18 siswa yaitu 10 siswa laki-laki dan 8 perempuan. Data motivasi belajar siswa dikumpulkan dengan menggunakan instrumen berupa lembar angket. Hasil penelitian menunjukan bahwa pada siklus I untuk observasi aktivitas guru berjumlah 7 dengan nilai rata-rata 70, terjadi peningkatan pada siklus II berjumlah 9 dengan nilai rata-rata 90. Untuk observasi aktivitas siswa pada siklus I dengan nilai rata-rata 12,5 berkategori cukup aktif, terjadi peningkatan pada siklus II dengan nilai rata-rata 15,2 berkategori aktif. Dan untuk motivasi belajar siswa terjadi peningkatan dari 44% pada siklus I menjadi 77% pada siklus II. Sehingga dapat disimpulkan bahwa dalam setiap siklus terjadi peningkatan motivasi belajar siswa. Data motivasi belajar siswa dikumpulkan dengan menggunakan instrumen berupa lembar angket. Hasil penelitian menunjukan bahwa pada siklus I untuk observasi aktivitas guru berjumlah 7 dengan nilai rata-rata 70, terjadi peningkatan pada siklus II berjumlah 9 dengan nilai rata-rata 90. Untuk observasi aktivitas siswa pada siklus I dengan nilai rata-rata 12,5 berkategori cukup aktif, terjadi peningkatan pada siklus II dengan nilai rata-rata 15,2 berkategori aktif. Dan untuk motivasi belajar siswa terjadi peningkatan dari 44% pada siklus I menjadi 77% pada siklus II. Sehingga dapat disimpulkan bahwa dalam setiap siklus terjadi peningkatan motivasi belajar siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: motivasi belajar; metode snowball throwing; media gambar
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Yunita Lestari S.Adm, M.Sos
Date Deposited: 25 Feb 2022 08:03
Last Modified: 25 Feb 2022 08:03
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/2173

Actions (login required)

View Item View Item