Implementasi metode muraja’ah dalam pembelajaran tahfidz qur’an pada siswa SD Tahfidzhul Qur’an (taqu) Cahaya Ummat Indonesia Pagesangan Mataram Tahun Pelajaran 2017/2018

Amalina Atsery, Yumni (2018) Implementasi metode muraja’ah dalam pembelajaran tahfidz qur’an pada siswa SD Tahfidzhul Qur’an (taqu) Cahaya Ummat Indonesia Pagesangan Mataram Tahun Pelajaran 2017/2018. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Mataram.

[img]
Preview
Text
Baiq Yumni Amalina Atsery 151141011_Compressed.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Berkembangnya zaman modern sekarang membuat munculnya berbagai macam metode menghafal al-qur‟an. Salah satu metode menghafal al-qur‟an yang wajib hadir disetiap para penghafal al-qur‟an yakni metode muraja‟ah. Metode muraja‟ah ini tidak bisa lepas dari seorang penghafal al-qur‟an. Sehingga metode muraja‟ah dikatakan induk dari metode menghafal, metode yang lain tiada arti jika metode muraja‟ah ini tidak diterapkan. Karena puncak seorang penghafal itu ketika mereka melakukan muraja‟ah hafalannya. Tujuan dalam penelitian adalah untuk mengetahui implementasi metode muraja‟ah dalam pembelajaran tahfidz qur‟an, dan faktor pendukung dan faktor penghambat implementasi metode muraja‟ah dalam pembelajaran tahfidz qur‟an pada siswa SD TaQu Cahaya Ummat Indonesia Pagesangan Mataram Tahun Pelajaran 2017/2018. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif, dalam mengumpulkan data menggunakan metode observasi partisipatif, wawancara tidak terstruktur, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif yaitu mengorganisasikan data, kode dan reduksi, dan Interprestasi dan representasi. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa: 1) Pelaksanaan Implementasi metode muraja‟ah dalam pembelajaran tahfidz qur‟an pada siswa SD TaQu Cahaya Ummat Indonesia Pagesangan Mataram bahwa: Pelaksanaan metode muraja‟ah ini dilakuakan dengan cara: muraja‟ah sendiri, muraja‟ah dalam shalat, muraja‟ah dengan alat bantu, dan muraja‟ah dengan rekan huffazh. Penerapan metode muraja‟ah di SD TaQu Cahaya Ummat Indonesia ditunjang dengan beberapa kegiatan muraja‟ah hafalan yaitu: muraja‟ah sugro, muraja‟ah kubro, muraja‟ah umum, muraja‟ah pemantapan, dan tasmi‟ (celebration muraja‟ah). 2) Faktor pendukung yaitu: Orang tua, guru, teman, sedangkan penghambat pelaksanaan implementasi metode muraja‟ah yaitu: Keterbatasan waktu, kurangya sumber daya guru, kondisi siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Metode Muraja’ah
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: nur hasanah S.pdi
Date Deposited: 29 Jul 2019 02:35
Last Modified: 29 Jul 2019 02:35
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/2165

Actions (login required)

View Item View Item