Pengaruh metode bervariasi terhadap hasil belajar siswa pada Mata Pelajaran Fiqih Kelas XI MA An-Nazhar Pagutan Tahun Pelajaran 2017/2018

Husnayadi, Husnayadi (2018) Pengaruh metode bervariasi terhadap hasil belajar siswa pada Mata Pelajaran Fiqih Kelas XI MA An-Nazhar Pagutan Tahun Pelajaran 2017/2018. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Mataram.

[img]
Preview
Text
Husnayadi 151141042_Compressed.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode bervariasi terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran fiqih kelas XI di MA An-Nazhar Pagutan. Penelitian ini merupakan penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian expost facto. Instrumen yang digunakan adalah angket atau kuesioner dan dokumentasi. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI MA An- Nazhar Pagutan tahun pelajaran 2017/2018 dengan pengambilan sampel menggunakan teknik nonprobability sampling jenis sampling jenuh, yaitu seluruh populasi dijadikan sebagai sampel. Sampel pada penelitian ini yang berjumlah sebanyak 44 orang siswa yang terdiri dari 26 orang siswa kelas A dan 18 orang siswa kelas B. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket atau kuesioner tertutup yang berjumlah 28 butir pertanyaan dengan empat alternatif tentang presepsi siswa tentang metode mengajar guru dan juga metode dokumentasi. Data yang telah dikumpulkan kemudian dianalisis menggunakan analisis regresi linier sederhana. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa metode bervariasi berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran fiqih. Nilai rhitung setelah dikonsultasikan dengan rtabel menunjukkan bahwa metode bervariasi mempunyai hubungan yang searah dengan hasil belajar siswa. Jadi, metode bervariasi berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran fiqih di kelas XI MA An-Nazhar Pagutan tahun pelajaran 2017/2018. Dalam upaya untuk meningkatkan hasil belajar siswa, guru dituntut untuk lebih kreatif dalam menggunakan metode didalam proses belajar mengajar agar siswa tidak gampang merasa jenuh dan bosan. Penggunaan metode dengan cara yang benar akan membuat siswa menjadi semangat dan antusias saat belajar, hal itu sangatlah positif dan bisa meningkatkan hasil belajar mereka agar pembelajaran juga lebih efektif baik bagi guru maupun siswa. Penggunaan metode juga harus sesuai dengan materi, situasi, kondisi dan juga keadaan siswa agar mampu menciptakan situasi belajar mengajar yang aktif, kreatif dan menyenangkan sehingga tercapai hasil belajar yang baik

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Metode bervariasi; Hasil belajar; Mata pelajaran fiqih
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: nur hasanah S.pdi
Date Deposited: 30 Jul 2019 07:19
Last Modified: 30 Jul 2019 07:19
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/2164

Actions (login required)

View Item View Item