Upaya guru akidah akhlak dalam meningkatkan kedisiplinan belajar siswa kelas VIIIb di MTs Nurul Qur'an Pagutan Kota Mataram Tahun 2017/2018

Badrussalam, Badrussalam (2018) Upaya guru akidah akhlak dalam meningkatkan kedisiplinan belajar siswa kelas VIIIb di MTs Nurul Qur'an Pagutan Kota Mataram Tahun 2017/2018. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Mataram.

[img]
Preview
Text
Badrussalam 151141247..pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Sebagian besar masih ada siswa di MTs Nurul Qur’an Pagutan Kota Mataram, menghabiskan waktu dengan sia-sia. Seperti tidak mengikuti pelajaran dengan baik, biasanya ada yang ngobrol sendiri atau lebih asyik menggambar ketika guru sedang menerangkan, dan sering izin keluar dalam proses pembelajaran. Sehingga hal tersebut sering menganggu proses pembelajaran. Untuk menegakkan disiplin belajar siswa harus dimulai dari pembinaan kedisiplinan melalui pembelajaran agama Islam khususnya guru Aqidah Akhlak. Berdasarkan latar belakang tersebut peneliti tertarik untuk melakukan penelitian lebih lanjut terkait dengan upaya guru Akidah Akhlak dalam meningkatkan kedisiplinan belajar siswa di MTs Nurul Qur’an Pagutan Kota Mataram tahun pelajaran 2017/2018. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Adapun data yang dikumpulkan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi, yang dalam analisis data kualitatif yang dilakukan melalui 4 cara, yaitu, pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian dapat diambil kesimpulan bahwa upaya guru Aqidah Akhlak dalam meningkatkan kedisiplinan belajar siswa di MTs Nurul Qur’an Pagutan Kota Mataram. meliputi, 1) membuat peraturan awal dengan siswa, 2) melakukan pembiasaan, 3) memberikan motivasi dan nasihat, 4) memberikan contoh dan tauladan. Adapaun faktor yang mendukung Upaya guru Akidah Akhlak di MTs Nurul Qur’an Pagutan Kota Mataram dalam mendisiplinkan siswa adalah, 1) adanya keterbukaan siswa, 2) komitmen sekolah. Adapun faktor yang menghambat kedisiplinan belajar siswa adalah, 1) latar belakang siswa yang berbeda-beda, 2) fasilitas yang kurang memadai.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Upaya, Guru, Mendisiplinkan
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Lalu. Muh. Hammam Tsani
Date Deposited: 26 Jul 2019 06:19
Last Modified: 26 Jul 2019 06:19
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/2155

Actions (login required)

View Item View Item