Kreativitas guru agama dalam meningkatkan kualitas pembelajaran Fiqih di Mts Madrasatul Qur’aniyah Tato Sandik Batulayar Tahun Pelajaran 2015/2016

Fahrurrozi, Fahrurrozi (2017) Kreativitas guru agama dalam meningkatkan kualitas pembelajaran Fiqih di Mts Madrasatul Qur’aniyah Tato Sandik Batulayar Tahun Pelajaran 2015/2016. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Mataram.

[img]
Preview
Text
Fakhrurrozi_Compressed.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Dalam lingkup siswa kelas VIII DI Madrasah Tsanawiyah, kreativitas guru agama ini sangat baik untuk di terapkan di sebabkan karena dengan di terapkannya kreativitas guru agama ini akan mampu memberikan pemahaman belajar siswa, khususnya mata pelajaran fiqih di kelas VIII baik dari segi pemahaman materi maupun dalam hal kekompakan dan kerja sama antar siswa. Hal ini disebabkan karena guru agama pandai dalam mendesain metode-metode pembelajaran yang ada. Sehingga menujadi sebuah kreatifitas, dan hasilnya menunjukkan keaktifan siswa dalam menukar pikiran dan pendapat yang tentunya berpegang pada bidang studi fiqih. Dalam penelitian ini, menggunakan pendekatan kualitatif, di mana metode ini lebih memfokuskan pada data-data yang bersifat argumentatif, bukan data-data statistika atau data-data yang berbentuk angka-angka. Adapun teknik yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik dalam menganalisis data yaitu menggunakan metode induksi, yaitu penganalisaan yang berangkat dari fakta- fakta khusus, peristiwa-peristiwa yang kongkrit, kemudian dari fakta-fakta khusus atau peristiwa-peristiwa kongkrit tersebut ditarik kesimpulan yang bersifat umum. Adapun jenis data yang peroleh yaitu data primer, adalah data pokok terkait permasalahan yang peneliti dapatkan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi, dan data skunder, adalah data yang diperoleh dari peneliti terdahulu atau dokumen-dokumen atau literatur-literatur yang ada kaitannya dengan fokus penelitian. Dalam masalah kreatifitas guru agama, peneliti menemukan hasil penelitian terkait kreatifitas guru agama dalam pembelajaran fiqih yaitu menyiapkan materi dengan sesimpel mungkin, penerapan atau penggunaan media, metode mengajar yang aktif yang berupa metode menghapal, metode membaca materi, mengutif cerita-cerita pendek melalui vidio, metode diskusi, metode sekolah alam dan metode gerakan-gerakan. Terkait tempat pelaksanaannya yaitu dilakukan di dalam kelas. Sedangkan dari segi aspek materi pada siswa difokuskan pada pembahasan materi fiqih.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kreatifitas guru agama; pembelajaran fiqih.
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: nur hasanah S.pdi
Date Deposited: 29 Jul 2019 07:40
Last Modified: 30 Jul 2019 05:13
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/2153

Actions (login required)

View Item View Item