Pengaruh pembelajaran aqidah akhlak terhadap Perilaku Social Siswa Kelas VIII di MTS Abu Adar’da Desa Sengkerang Kecamatan Praya Timur Kabupaten Lombok Tengah Tahun Pelajaran 2016/2017

Awaludin, Awaludin (2017) Pengaruh pembelajaran aqidah akhlak terhadap Perilaku Social Siswa Kelas VIII di MTS Abu Adar’da Desa Sengkerang Kecamatan Praya Timur Kabupaten Lombok Tengah Tahun Pelajaran 2016/2017. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Mataram.

[img]
Preview
Text
Awaludin 151121091.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Pendidikan bidang studi Aqidah Akhlak pada dasarnya dimaksudkan untuk membentuk perilaku siswa yang baikdanterpuji.yaitu untuk mewujudkan manusia yang rajin beribadah, jujur, disiplin, toleransi, bertanggung jawab, menjaga keharmonisan secara personal dan social serta menciptakan suasana yang damai dan tentram. Karena itulah penelitian bermaksud untuk menegtahui adanya pengaruh pembelajaran aqidah akhlak terhadap perilaku social sehari – hari siswa kelas VIII di MTs Abu Dar‟daDusun Balin Gagak Lombok Tengah Tahun Pelajaran 2016 / 2017. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif karena yang diperoleh dalam penelitian ini adalah data yang berupa angka-angka dan dianalisis dengan menggunakan analisis statistik. Teknik analisis yang digunakan adalah teknik analisis korelasi dengan menggunakan rumus korelasi product moment dan analisis regresi linier sederhana dengan jumlah populasi sebanyak 136 responden. pengumpulan data dengan menggunakan angket. Pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran angket dan mengambil sample 25 orang daripopulasi 79 orang. Teknik analisis data dilakukan dengan duacara yaitu menganalisis data kualitatif dengan pendekatan logika, dan data kuantitatif dengan cara diolah secara statistic dengan rumus prsentase dan product moment. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa hasil perhitungan product moment pada populasi berjumlah 25 orang diproleh nilai r hitung sebesar 0,736, dan r table sebesar 0,396. Itu berart ibahwa r hitung lebih besar dari r tabel. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang positif antara pembelajaran aqidah akhlak terhadap perilaku sosial.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran; Aqidah Akhlak; Perilaku Sosial.
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: nur hasanah S.pdi
Date Deposited: 29 Jul 2019 07:25
Last Modified: 29 Jul 2019 07:25
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/2143

Actions (login required)

View Item View Item