Penerapan metode sorogan dalam pembelajaran kitab Kuning bagi santri tingkat wusta di diniyah Pondok Pesantren Nu Abhariyah Jerneng Terong Tawah Kecamatan Labuapi Lombok Barat Tahun Pelajaran 2017/2018

Jaelani, Ahmad (2018) Penerapan metode sorogan dalam pembelajaran kitab Kuning bagi santri tingkat wusta di diniyah Pondok Pesantren Nu Abhariyah Jerneng Terong Tawah Kecamatan Labuapi Lombok Barat Tahun Pelajaran 2017/2018. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Mataram.

[img]
Preview
Text
Ahmad Jaelani 151141260.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Judul Skripsi: “Penerapan Metode Sorogan Dalam Pembelajaran Kitab Kuning Bagi Santri Tingkat Wusta di Diniyah Pondok Pesantren NU Abhariyah Jerneng Terong Tawah Kecamatan Labuapi Lombok Barat Tahun Pelajaran 2017/2018”.Mataram: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Mataram, 2017/2018. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan metode sorogan pada tingkat Wustha di Diniyah Pondok Pesantren NU Abhariyah dan untuk mengetahui kendala-kendala beserta solusi cara mengatasi kendala-kendala yang di hadapi ustadz/kyai dalam menerapkan metode sorogan dalm pembelajaran Kitab kuning bagi santri tingkat Wustha di Diniyah Pondok Pesantren NU Abhariyah. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar di Pondok Pesantren NU Abhariyah pada pendidikan Diniyah tingkat Wustha. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan bsevasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis data deskritif kualitatif yaitu dengan cara analisis yang cendrung menggunakan kata-kata untuk menjelaskan temuan-temuan atau yang didapatkan. Hasil penelitian menujukan bahwa penerapan metode sorogan di Diniyah Pondok Pesantren NU Abhariyah di laksanakan dengan cara terjadwal santri yang mendapat giliran menyodorkan kitabnya menghadap langsung secara tatap muka, setelah itu ustadz membaca teks dalam kitab dengan huruf arab, lalu santri dengan tekun mendengarkan penjelasan ustaz dan mencocokan dengan kitab yang dibawanya dan santri juga menuliskan arti setiap kosa kata apabila santri tersebut menemukan kesulitan setelah selesai membaca oleh ustadz santri kemudian menirukan kembali apa yang telah dilakukan di Diniyah Pondok Pesantren NU Abhariyah. Pada tingkat Wustha menggunakan solusi-solusi dalam mengatasi kendalakendala yang dihadapi oleh Wustadz/kyai dengan cara menambah guru bantuan agar kyai ada yang membantu dan selesainya tidak membutuhkan waktu yang lama dan kyai dan santri bisa mempunyai waktu istirahat yang cukup dan melengkapi segala kekurangan -kekurangan dari kendala-kendalayang dihadapi ustadz/kyai.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Metode sorogan; Kitab Kuning; Diniyah Wustha
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130109 Pesantren (Islamic boarding school)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: nur hasanah S.pdi
Date Deposited: 29 Jul 2019 07:16
Last Modified: 29 Jul 2019 07:16
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/2137

Actions (login required)

View Item View Item