Febriyanti, Nia (2020) Strategi marketing mix dalam meningkatkan omzet penjualan pada usaha kerupuk “Pade Mauq” di Desa Gelogor Kecamatan Kediri Kabupaten Lombok Barat. Other thesis, UIN Mataram.

[img] Text
Nia Febriyanti 160203035.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (760kB)

Abstract

INDONESIA Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perhatian peneliti terkait semakin banyaknya orang memproduksi kerupuk. Namun, sebuah perusahaan agar mampu bersaing dengan perusahaan yang lain, maka sebuah perusahaan tersebut harus memiliki strategi agar tetap diminati. Hal seperti itulah yang dilakukan oleh salah seorang pengusaha kerupuk yang terletak di Desa Gelogor Kecamatan Kediri Kabupaten Lombok Barat, yaitu pengusaha kerupuk “Pade Mauq” yang produknya seringkali lebih dikenal dan diminati oleh kalangan masyarakat dengan ciri khas produk yang tanpa borax. Dengan demikian peneliti tertarik untuk melakukan penelitian dengan judul Strategi Marketing Mix dalam Meningkatkan Omzet Penjualan Pada Usaha Kerupuk “Pade Mauq” Di Desa Gelogor Kecamatan Kediri Kabupaten Lombok Barat. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, medote wawancara, dan metode dokumentasi. Sedangkan metode analisis yang digunakan meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan, untuk produk yang ditawarkan oleh perusahaan kerupuk “Pade Mauq” pada pasar atau konsumen yaitu menyediakan berbagai jenis varian kerupuk. Dalam menetapkan harga perusahaan sangat mempertimbangkan dengan kebutuhan konsumen atau pengecer. Promosi yang dilakukan adalah promosi periklanan hanya menggunakan logo, merek, alamat perusahaan, beserta nomor telepon perusahaan. Selain memasarkan produknya melalui mulut kemulut perusahaan juga menggunakan media sosial untuk memasarkan produknya agar lebih diketahui masyarakat luas. Distribusi yang ada dalam perusahaan kerupuk “Pade Mauq” yaitu melakukan kerjasama dengan pihak distributor, seperti warung-warung atau toko-toko, dan pengecer. Dari keempat strategi yang telah diterapkan, saat ini perusahaan kerupuk “Pade Mauq” telah mampu meningkatkan omzet penjualan yang sesuai dengan Perspektif Ekonomi Islam. Hal ini dilihat dari tidak adanya penyimpangan yang melanggar dari prinsip ekonomi syariah pada penerapan strategi marketing mix yang dilakukan oleh pihak perusahaan kerupuk “Pade Mauq” dalam meningkatkan omzet penjualannya.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: strategi marketing mix; omzet penjualan; perspektif ekonomi islam
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations)
18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012701 al-Bai’ (incl. al-Khiyar)
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Yunita Lestari S.Adm, M.Sos
Date Deposited: 03 Mar 2021 01:10
Last Modified: 03 Mar 2021 01:10
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/195

Actions (login required)

View Item View Item