Sarinia, Intan (2019) Strategi guru Akidah Akhlak dalam menanamkan akhlakul karimah pada siswa kelas VII MTsN 1 Mataram Tahun Pelajaran 2017/2018. Undergraduate thesis, UIN Mataram.
Text
Intan Sarinia 151141185.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (1MB) |
Abstract
INDONESIA Strategi guru dalam menanamkan akhlakul karimah pada siswa ialah suatu perencanaan yang berisi tentang rangkaian kegiatan yang didesain oleh seorang guru dalam mencapai tujuan pendidikan tertentu salah satunya ialah mendidik dan membina akhlak siswa agar selalu berbudi pekerti yang baik dan luhur. Tujuan dari penelitian ini ialah agar dapat mengetahui strategi yang dilakukan oleh guru akidah akhlak dalam menanamkan akhlakul karimah pada siswa kelas VII di MTsN 1 Mataram. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan sosiologis. Adapun metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah dengan menggunakan teknik observasi, wawancara (interview) dan dokumentasi. Ada beberapa strategi guru akidah akhlak dalam menanamkan akhlakul karimah pada siswa kelas VII di MTsN 1 Mataram yaitu membimbing siswasiswi dalam kegiatan imtaq dan sholat dhuha berjama‟ah, membiasakan siswa membaca Al-Qur‟an sebelum belajar, menggunakan media pembelajaran dengan menampilkan film-film yang berlatarkan akhlak seorang muslim, memberikan tugas rumah (PR) kepada siswa yang bertemakan akhlak terpuji. Adapun kendala yang dihadapi oeh guru akidah akhlak yakni kurangnya sarana dan prasarana yang terdapat diruangan kelas, kurang adanya dukungan dari guru mata pelajaran lain, tidak terjalinnya komunikasi yang baik antara orang tua murid dan guru. Adapun solusinya ialah kepala madrasah dan guru melakukan perencanaan partisipatif, guru melakukan kunjungan ke tiap-tiap kelas dan pertemuan pribadi dengan siswa, dan membagikan jadwalkan harian untuk semua guru.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | guru; akhlakul karimah; psikologi agama |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170111 Psychology of Religion |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Yunita Lestari S.Adm, M.Sos |
Date Deposited: | 24 Jan 2022 05:23 |
Last Modified: | 24 Jan 2022 05:23 |
URI: | http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/1894 |
Actions (login required)
View Item |