Adawiah, Rabiyatun (2020) Implementasi pendidikan ekstrakurikuler dalam membentuk karakter siswa di MI Al-Ittihadul Islamiyah Ampenan Tahun Pelajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, UIN Mataram.
![]() |
Text
Rabiyatun Adawiah 160106002.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (5MB) |
Abstract
INDONESIA Penelitian ini dilatarbelakangi oleh ketertarikan peneliti terhadap kegiatan ekstrakurikuler yang ada di MI Al-Ittihadul Islamiyah yang menurut peneliti sangat menarik dan berpengaruh terhadap terbentuknya karakter siswa yang baik. Menurut peneliti kehadiran ekstrakurikuler memberikan ruang bagi siswa untuk mengasah bakat sesuai dengan minat mereka. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi kegiatan ekstrakurikuler pramuka dan imtaq dalam membentuk karakter siswa di MI Al-Ittihadul Islamiyah, kendala yang dihadapi guru serta cara guru mengatasi kendala yang dihadapi dalam mengimplementasikan ekstrakurikuler pramuka dan imtaq. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah triangulasi sumber dan teknik, kecukupan bahan referensi dan coding data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Implementasi kegiatan ekstrakurikuler pramuka dalam membentuk karakter siswa dilakukan melalui dua cara yaitu pertama melalui pembiasaan (habituasi) dan yang kedua dilakukan penanaman nilai melalui berbagai jenis kegiatan ekstrakurikuler pramuka seperti baris berbaris, upacara, morse, semaphore, pionering, persami dan sandi-sandi. Sedangkan implementasi kegiatan ekstrakurikuler imtaq dalam membentuk karakter siswa dilakukan melalui kegiatan-kegiatan seperti sholat dhuha berjamaah, yasinan bersama, pembacaan doa, da’i cilik/ceramah, dan penguatan isi ceramah oleh guru. Adapun Kendala yang dihadapi guru dalam mengimplementasikan ekstrakurikuler pramuka dan imtaq adalah siswa yang jarang mau latihan pramuka, masalah petugas imtaq yang tidak hadir serta masalah pengaturan dan penertiban saat imtaq berlangsung. Cara guru dalam mengatasi kendala-kendala tersebut diantaranya dengan menawarkan latihan melalui game (permainan), memberikan iming-iming diadakannya PERSAHAD (Perkemahan sabtu ahad), memanfaatkan waktu yang ada, menyediakan dua naskah ceramah (naskah cadangan) serta melakukan kontrol saat kegiatan berlangsung yang disertai kesabaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | metode belajar; pendidikan ekstrakurikuler; karakter siswa |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170103 Educational Psychology |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Yunita Lestari S.Adm, M.Sos |
Date Deposited: | 17 Jan 2022 04:17 |
Last Modified: | 17 Jan 2022 04:17 |
URI: | http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/1829 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |