Muti’ah, Muti’ah (2020) Strategi guru dalam mengatasi kesulitan belajar siswa pada pembelajaran al-quran hadits kelas V di MI Nurul Islam Sekarbela Tahun Pelajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, UIN Mataram.

[img] Text
Mut'iah 160106120.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (860kB)

Abstract

INDONESIA Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan kesulitan belajar siswa pada pembelajaran Al-Qur’an Hadits dalam mengatasi kesulitan belajar membaca AlQur’an kelas V MI Nurul Islam Sekarbela. Selain itu, penelitian bertujuan untukmengetahui strategi dalam mengatasi kesulitan belajar siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriftif. Teknik pengumpulan data dilaksanakan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis menggunakan tekniik yang dinyatakan oleh Miles dan Huberman yaitu: reduksi data, penyajian data, dan membuat kesimpulan/verivikasi. Data penelitian diperiksa keabsahan datanya dengan menggunakan teknik perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan, triangulasi sumber, metode, dan teori. Hasil penelitian ini menunjukkan : bahwa kesulitan yang dialami oleh siswa pada pembelajaran Al-Qur’an Hadis Kelas V Di MI Nurul Islam Sekarbela dapat ditemukan bahwa: ) Mengkondisikan kelas dan memberikan motivasi, sebagai seorang guru tugasnya bukan hanya mengajarkan ilmu sebagaimana tertera dalam buku pelajaran atau sekedar mendidik dan membimbing siswa saja. Akan tetapi, juga menciptakan suasana belajar yang nyaman dan menyenangkan.. ) Memberikan sepotong-sepotong ayat, maka siswa-siswa akan lebih mudah untuk belajar membaca AlQur’an karena dengan sepotong-sepotong ayat tersebut siswa lebih teliti dalam membacanya dan lebih mudah memahami dari makhraj huruf, dan hukum ilmu tajwidnya.. ) Memberikan metode yang sesuai yaitu dengan menggunakan metode yang bervariasi. Dengan menggunakan metode yang bervariasi ini dimaksudkan agar siswa tertarik dan dapat merasakan pengalaman belajar yang berbeda dengan cara yang berbeda. Dan siswa mampu memahamai konsep, prinsip, fakta dan proses mencatat bahan pelajaran, sehingga siswa akan lebih mudah mengerti dan memahami apa yang di sampaikan oleh guru dalam pembelajaran tersebut.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: guru; metode mengajar; kesulitan belajar
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Yunita Lestari S.Adm, M.Sos
Date Deposited: 14 Jan 2022 07:05
Last Modified: 14 Jan 2022 07:05
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/1819

Actions (login required)

View Item View Item