Fitri, Kumiatun (2020) Pengaruh media video animasi menggunakan metode AIR (auditory,intellectualy, repetition ) terhadap hasil belajar siswa kelas IV MI Nahdlatul Mujahidin NW Jempong pada mata pelajaran Akidah Ahlak Tahun Pelajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, UIN Mataram.
![]() |
Text
Kumiatun Fitri 1501061003.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (2MB) |
Abstract
INDONESIA Skripsi ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh media video animasi menggunakan metode AIR (auditory,intellectualy, repetition) terhadap hasil belajar siswa kelas IV MI Nahdlatul Mujahidin NW Jempong pada mata pelajaran Akidah Ahlak tahun pelajaran 2019/2020. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis eksperimen. Populasi penelitian yaitu seluruh siswa kelas IV yang terbagi dalam 3 kelas. Sementara sampel yang digunakan dalam penelitian ini ialah simple random sampling, adapun kelas yang terpilih yaitu kelas IVA kelas eksperimen dan IVB sebagai kelas kontrol. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah pretest-posttest control group design. Sementara instrument penelitian berupa tes tertulis berbentuk pilahan ganda sebanyak 20 soal yang sudah diuji validitas dengan menggunakan rumus korelasi biserial dan reabilitasnnya menggunakan rumus KR-20 (kuder Richardson-20). Untuk uji prasarat analisis data yang diuji normalitas dan uji homogenitas menggunakan rumus Chi kuadrat dan uji-F. teknik analisis data pengujian hipotesis menggunakan rumus uji-t separated varians. Adapun hasil penelitian yang diperoleh adalah terdapat pengaruh penggunaan media video animasi menggunaan metode AIR (Auditory, intellectualy, Repetition) terhadap hasil belajar siswa kelas IV MI Nahdlatul Mujahidin NW Jempong. Dengan nilai thitung = 2,568 ttabel = 2,042 dengan taraf signifikan 5% maka kesimpulannya ha diterima dan ho ditolak
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | media belajar; media video animasi; auditory; intellectualy; repetition |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Yunita Lestari S.Adm, M.Sos |
Date Deposited: | 14 Jan 2022 04:27 |
Last Modified: | 14 Jan 2022 04:27 |
URI: | http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/1809 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |