Azhari, Ayu (2020) Strategi guru dalam meningkatkan kecakapan sosial siswa kelas IV MI Al-Ittihadul Islamiyah Ampenan Tahun Pelajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, UIN Mataram.

[img] Text
ayu Azhari 160106038.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

INDONESIA Penelitian ini dilatarbelakangi olehperhatian penulis terhadap strategiyang digunakan oleh guru dalam meningkatkan kecakapansosial siswa. Peneliti menemukan beberapa strategi yang bisa dijadikan jembatan untuk meningkatkan kecakapan sosial siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana strategi, apa saja kendala yang dihadapi dan upaya yang dilakukan dalam mengatasi kendala dalam meningkatkan kecakapan sosial siswa di kelas IV MI Al-Ittihadul Islamiyah Ampenan. Jenis penelitian ini adalahpenelitian kualitatif deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini adalah guru kelas IV B dan siswa kelas IV B yang terdiri dari 3 orang guru dan 4 orang siswa. Teknik pegumpulan data yang digunakan adalah observasi non-partisipan, wawancara semiterstruktur, dan dokumentasi. Sedangkan untuk pengecekan data, peneliti menggunakan trianggulasi sumber dan trianggulasi tekhnik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) strategi guru dalam meningkatkan kecakapan sosial siswa kelas IV MI Al-Ittihadul Islamiyah Ampenan adalah dengan cara, menggunakan model pembelajaran yang berpusat pada siswa (student center) mampu meningkatkan kecakapan sosial siswa, memberi nasehat dan pemahaman perilaku antisosial dalam proses pembelajaran, menerapkan aturan pembelajaran sebagai batasan dalam perilaku siswa,menerapkan sikap teladan oleh guru sebagai sebagai contoh yang real bagi siswa. (2) Kendala yang dihadapi oleh guru dalam meningkatkan kecakapan sosial siswa kelas IV MI Al-Ittihadul Islamiyah Ampenan diantaranya yaitu kepribadian siswa, siswa yang mempunyai kepribadian tertutup biasanya ditandai dengan sifat malu yang berlebihan, peningkatan kecakapan sosialnya cenderung lamban dibandingkan dengan siswa yang mempunyai sifat atau kepribadian yang terbuka, dan pengaruh lingkungan, lingkungandapat mempengaruhi peningkatan kecakapan sosial anak.(3) Upaya yang dilakukan dalam mengatasi kendala dalam meningkatkan kecakapan sosial siswa diantaranya yaitu melakukan pendekatan terhadap peserta didik, dan memberikan bimbingan kepada peserta didik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: guru; metode belajar; kecakapan sosial
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Yunita Lestari S.Adm, M.Sos
Date Deposited: 12 Jan 2022 04:02
Last Modified: 12 Jan 2022 04:02
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/1797

Actions (login required)

View Item View Item