Lestari, Helmi Dian (2019) Pengaruh media power point terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran SKI di kelas IV MIN 01 Mataram Tahun Pelajaran 2018/2019. Undergraduate thesis, UIN Mataram.

[img] Text
Helmy Dian Lestari 1501060978.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

INDONESIA Skripsi ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh media power point terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran SKI kelas IV di MIN 1 Mataram tahun pelajaran 2018/2019. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis eksperimen. Populasi penelitian yaitu seluruh siswa kelas IV yang terbagi dalam 3 kelas. Sementara sampel yang digunakan dalam penelitian ini simple random sampling, adapun kelas yang terpilih yaitu kelas IVA sebagai kelas eksperimen dan IVC sebagai kelas kontrol. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah pretest-posttest control group design. Sementara instrumen penelitian berupa tes tertulis berbentuk pilihan ganda sebanyak 20 soal yang sudah diuji validitas menggunakan rumus korelasi point biserial dan reliabilitasnya menggunakan rumus KR-20 (kuder Richardson20). Untuk uji Prasyarat analisis data yaitu uji normalitas dan uji homogenitas, menggunakan rumus Chi kuadrat dan Uji-F. tehnik analisis data pengujian hipotesis menggunakan rumus uji-t Poled Varians. Adapun hasil penelitian yang diperoleh adalah terdapat pengaruh penggunaan media power point interaktif terhadap hasil belajar SKI siswa kelas IV di MIN 1 Mataram. Dengan nilai thitung =2,409 ≥ttabel = 2,000 dengan taraf signifikan 5% maka kesimpulannya ha diterima dan ho ditolak

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: media belajar; media power point; metode belajar
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Yunita Lestari S.Adm, M.Sos
Date Deposited: 06 Jan 2022 06:26
Last Modified: 06 Jan 2022 06:26
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/1795

Actions (login required)

View Item View Item