Dani, Husnul Budiatman (2016) Pengembangan majalah Biologi (Biomagz) sebagai alternatif sumber belajar mandiri siswa pada materi virus kelas X di sekolah MAN 1 Mataram. Undergraduate thesis, UIN Mataram.

[img] Text
Husnul Budiatman Dani 151125174.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (12MB)

Abstract

INDONESIA Pengembangan ini bertujuan untuk mengetahui proses pengembangan majalah biologi (Biomagz) untuk siswa MAN 1 Mataram kelas X. selain itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas majalah biologi (Biomagz) sebagai alternatif sumber belajar mandiri siswa pada materi virus kelas X di sekolah MAN 1 Mataram. Penelitian yang telah dilakukan termasuk dalam penelitian pengembangan Research and Development. Prosedur pengembangan majalah biologi (Biomagz) menggunakan model ADDIE yang terdiri dari 5 tahap yaitu Anayisi (Analisis), Design (Perencanaan), Development (Pengembangan), Implementation (Implementasi), dan Evaluation (Evaluasi). Instrumen penilaian yang digunakan untuk mengetahui kualitas majalah biologi (Biomagz) adalah lembar angket yang mencakup beberapa komponen penilaian meliputi komponen kelayakan materi/isi, komponen kebahasaan dan komponen penyajian. Kualitas majalah dinilai oleh 1 orang ahli materi, 1 orang ahli media dan 15 orang siswa seabagai subjek. guru dan siswa yang terlibat dalam penelitian ini berasal dari sekolah MAN 1 Mataram melalui uji coba terbatas. Data nilai kualitas yang diperoleh masih dalam bentuk data kualitatif kemudian diolah menjadi data kuantitatif. Data kuantitatif dianalisis tiap aspek penilaian. Skor terakhir yang diperoleh, dikonversi menjadi tingkat kelayakan produk secara kualitatif dengan pedoman menurut kriteria kategori penilaian ideal. Kualitas majalah biologi (Biomagz) yang telah dikembangan berdasarkan hasil penilaian tiap aspek oleh ahli materi/isi dan ahli media yaitu aspek kelayakan materi/isi memperoleh nilai 100% dengan kategori Sangat Baik (A), Aspek kelayakan media memperoleh nilai 96% yang berarti produk pengembangan dalam kategori Sangat Baik (A), sedangkan uji coba lapangan yang menggunakan 15 orang siswa dengan penilaian/tanggapan sebesar 77,5% yang berarti dalam kategori Baik (B). kelayakan majalah biologi (biomagz) diketahui dengan adanya perbedaan signifikan hasil belajar siswa yang menggunakan majalah biologi (biomagz) dengan yang tidak menggunakan majalah biologi (biomagz).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: sumber belajar; majalah biologi; virus
Subjects: 06 BIOLOGICAL SCIENCES > 0605 Microbiology > 060506 Virology
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: Ika Merdeka Wati
Date Deposited: 22 Apr 2021 02:19
Last Modified: 22 Apr 2021 02:19
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/179

Actions (login required)

View Item View Item