Hernawati, Titik (2019) Analisis pemecahan masalah matematika siswa yang mengalami kecemasan matematika. Undergraduate thesis, UIN Mataram.

[img] Text
Titik Hernawati 1501030368.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

INDONESIA Pemecahan masalah matematika merupakan suatu proses yang berbelit-belit, dimana proses tersebut meminta siswa untuk mengorganisir dan menguraikan pengetahuan khusus serta pengetahuan umum yang berkaitan dengan tugas-tugas matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pemecahan masalah matematika siswa yang mengalami kecemasan matematika berdasarkan tahapan Solso. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif yaitu untuk menghasilkan data berupa pemecahan masalah matematika siswa yang mengalami kecemasan matematika berdasarkan langkah-langkah pemecahan masalah Solso. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Sullamul Mubtadi Anjanikelas XI. Subjek dalam penelitian ini adalah 3 siswa dari 25 siswa kelas XI MIPA yang masing-masing memiliki kecemasan yang berbeda. Instrumen yang digunakan yaitu tes dan pedoman wawancara. Pengumpulan data dilakukan dengan cara memberikan tes, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan cara mereduksi data, menyajikan data, verifikasi, dan pengecekan keabsahan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siswa yang berkecemasan rendah pemecahan masalah matematikanya lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang memiliki kecemasan matematika sedang dan tinggi. Artinya, semakin rendah tingkat kecemasan matematika maka pemecahan masalah matematika siswa semakin tinggi. Sebaliknya semakin tinggi tingkat kecemasan matematika siswa maka pemecahan masalah matematika siswa semakin rendah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: psikologi belajar; kecemasan matematika; pemecahan masalah
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy
17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170103 Educational Psychology
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Tadris Matematika
Depositing User: Yunita Lestari S.Adm, M.Sos
Date Deposited: 24 Dec 2021 02:11
Last Modified: 24 Dec 2021 02:11
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/1745

Actions (login required)

View Item View Item