Nurlena, Nurlena (2019) Pengaruh penggunaan alat peraga model pythagoras terhadap motivasi belajar matematikasiswa kelas VIII MTs Qomarul Huda. Undergraduate thesis, UIN Mataram.

[img] Text
Nurlena 1501030390.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

INDONESIA Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan alat peraga model Pythagoras terhadap motivasi belajar matematika siswa kelas VIII MTs Qomarul Huda Lombok Tengah. Pembelajaran dengan alat peraga model Pythagoras untuk mengetahui seberapa besar pengaruh penggunaan alat peraga model Pythagoras dalam pembelajaran matematika pada materi teorema Pythagoras terhadap motivasi belajar matematika siswa. Desain penelitian ini adalah desain eksperimen semu dengan pendekatan kuantitatif. Subyek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTs Qomarul Huda Lombok Tengah. Analisis meliputi uji normalitas, linearitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier sederhana. Hasil penelitian ini menunjukan ada pengaruh positif dan signifikan. Hasil perhitungan untuk uji normalitas menggunakan metode liliefors diperoleh nilai Lhitung = 0,1009 dengan nilai Ltabel = 0,161. Karena Lhitung < Ltabel maka dapat disimpulkan bahwa hipotesis nol diterima. Sehingga dapat dikatakan bahwa sampel berasal dari populasi berdistribusi normal. Berdasarkan uji hipotesis yang dilakukan menunjukan adanya pengaruh penggunaan alat pearag model Pythagoras terhadap motivasi belajar matematika. Ini dibuktikan dengan menggunakan uji regresi, diperoleh Fhitung = 1,24 sedangkan Ftabel = 4,20. Sehingga Fhitung > Ftabel sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh alat peraga model Pythagoras terhadap motivasi belajar matematika siswa kelas VIII MTs Qomarul Huda Lombok Tengah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: media belajar; alat peraga model pythagoras; motivasi belajar
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Tadris Matematika
Depositing User: Yunita Lestari S.Adm, M.Sos
Date Deposited: 21 Dec 2021 08:28
Last Modified: 21 Dec 2021 08:28
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/1724

Actions (login required)

View Item View Item