Aeni, Baiq Parida (2019) Perbandingan media visual dan media benda konkret terhadap hasil belajar siswa materi trigonometri SMA Kelas X. Undergraduate thesis, UIN Mataram.
![]() |
Text
Baiq Parida Aeni 1501030380.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (4MB) |
Abstract
INDONESIA Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar antara siswa yang diajar menggunakan media visual dan siswa yang diajar menggunakan media benda konkret. Pada metode penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian quasi eksperimen. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas X IPA SMA Negeri 1 Kopang pada semester genap 2018/2019 dan dipilih 2 kelas secara random sebagai kelas eksperimen penelitian. Kelas X IPA 1 dijadikan sebagai kelas eksperimen I dan kelas X IPA 2 dijadikan sebagai kelas eksperimen ke II. Desain penelitian yang digunakan adalah faktorial desain karena memberikan perlakuan dua variabel bebas atau lebih pada waktu bersamaan untuk melihat efek masing-masing variabel bebas secara bersamaan terhadap variabel terikat . Penelitian ini dilakukan dengan pemberian dua perlakuan berbeda terhadap dua kelompok siswa. Pertama, kelas eksperimen I mendapat pengajaran dengan menggunakan media visual, selanjutnya kelas eksperimen II menggunakan media benda konkret. Pengumpulan data dilakukan dengan pemberian test kepada siswa di akhir penelitian, tes yang diberikan adalah tes berupa soal pilihan ganda yang sebelumnya telah diuji validitas dan reliabilitasnya serta sudah dilakukan validasi ahli. Tekhnik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan metode tes yang diberikan diakhir pertemuan, wawancara yang dilakukan untuk mengetahui kondisi pelaksanaan pembelajaran, dan observasi dilakukan untuk mengetahui kelebihan dan kelemahan dalam proses pembelajaran. Untuk uji hipotesis pada penelitian ini menggunakan uji t tidak berpasangan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | media belajar; media visual; media benda konkret |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Tadris Matematika |
Depositing User: | Yunita Lestari S.Adm, M.Sos |
Date Deposited: | 16 Dec 2021 03:56 |
Last Modified: | 16 Dec 2021 03:56 |
URI: | http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/1699 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |