Turmudli, Turmudli (2019) Situasi komunikasi lisan bahasa arab santri Pondok Pesantren Ibnu Mas’ud Labuhan Haji Lombok Timur NTB. Masters thesis, UIN Mataram.
![]() |
Text
Turmudli 170406018.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (1MB) |
Abstract
INDONESIA Peneltiian ini membahas tentang fenomena Bahasa yang terjadi di pondok pesantren Ibnu mas’ud labuhan haji Lombok timur , dalam situasi bahasa santri pondok pesantren Ibnu mas’ud masih menggunakan campur kode dalam bahasa komunikasi di antara mereka , di antara campur kode yang terjadi pada dialog mereka dalam suasana di dalam kelas . di luar kelas dan juga dalam suasana bebas tanpa adanya pengawasan dari pengurus pesantren atau oleh lembaga bahasa di pondok pesantren Pengaruh bahasa daerah yang masih kental dalam penggunaan kalimat dalam mensosialisasikan komunikasi bahasa di lingkungan pondok peasntren dapat memunculkan kesalahan dalam berkomunikasi . campur kode yang terjadi di antaranya :campur kode sisipan tunggal , campur kode sisipan ganda ,campur kode masuk dalam susunan gramatikal Metode yang di gunakan dalam penelitian ini adalah metode pengamatan langsung dengan menyimak percakapan antara santri yang sedang bebincang – bincang dengan sesama mereka dan tehnik yang di gunakan dengan mencatat dan merekam agar dapat mengidentifikasi wujud – wujud campur kode yang sedang terjadi di lingkungan pondok pesantren Ibnu mas’ud dari unsur bahasa daerah yang masuk ke dalam Bahasa Arab
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | berbicara bahasa arab; kode; dialog |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130109 Pesantren (Islamic boarding school) 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130214 Teaching Arabic as a Foreign Language (Ta'lim al-'Arabiyah Lighairi al-Nathiqin Biha) Curriculum and Pedagogy > 13021401 Maharat al-Kalam (Speaking Skill) 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130214 Teaching Arabic as a Foreign Language (Ta'lim al-'Arabiyah Lighairi al-Nathiqin Biha) Curriculum and Pedagogy > 13021499 Teaching Arabic as a Foreign Language (Ta'lim al-'Arabiyah Lighairi al-Nathiqin Biha) Curriculum and Pedagogy not elsewhere classified |
Divisions: | Program Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Arab |
Depositing User: | Yunita Lestari S.Adm, M.Sos |
Date Deposited: | 13 Dec 2021 05:35 |
Last Modified: | 13 Dec 2021 05:35 |
URI: | http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/1674 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |