Robiawan, Oki (2021) Implementasi konsep pendidikan anak menurut imam al ghazali di Pondok Pesantren Al Aziziyah Kapek Gunungsari. Masters thesis, UIN Mataram.
![]() |
Text
Oki Robiawan 170401013.pdf Download (2MB) |
Abstract
INDONESIA Seorang anak dilahirkan dalam keadaan fitrah, bersih tanpa dosa. Orang tua lah yang memiliki peran memberikan pandangan dan wawasan, yang pertama kali membisikkan suara adzan. Apa yang dibisikkan menjadi dasar, tujuan dan gaya hidupnya. Al-Ghazali sependapat dengan hal tersebut, bahwa manusia ini lahir masih dalam keadaan suci dan perlu dididik untuk mencapai tujuan kehidupan yaitu dekat dengan Sang Pencipta. Penelitian ini mengkaji “Bagaimana Implementasi Konsep pendidikan anak perspektif Al Ghazali Dalam kitab Ayyuha al Walad ”, yang bertujuan untuk mengetahui konsep Pendidikan anak perspektif Al-Ghazali dalam kitab Ayyuha al Walad. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif Deskripftif dengan metode pengumpulan data dokumentasi, observasi dan wawancara. Berdasarkan penelitian ini, maka temuan yang dapat dikemukakan adalah konsep Pendidikan anak perspektif Imam Ghazali dalam kitab Ayyuha al Walad meliputi: 1. Tujuan pendidikan; ilmu sebagai sarana Taqarrub ilallah. 2. Pendidik sebagai pembimbing akhlak anak; harus mempunyai sifat dan akhlakul karimah, 3. Anak sebagai peserta/anak didik, harus mempunyai sifat-sifat yang mulia, dan 4. Metode pendidikan akhlak anak Al-Ghazali dalam kitab Ayyuha al Walad memberikan contoh pendidikan dengan metode kisah, menasehati,dan teladan. Implementasi konsep Al-Ghazali yang terdapat di MTs Putra Al-Aziziyah meliputi: 1. Selalu taat peraturan dan menjalankan sholat 5 waktu. 2. menggunakan metode kisah/bercerita. 3. Memberikan tausiyah. 4. Mencontohkan teladan yang baik. Secara umum pendidikan Al-Ghazali memiliki beberapa aspek. Khususnya dalam aspek moral keagamaan.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pendidikan; akhlak; ayyuha al walad |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130109 Pesantren (Islamic boarding school) 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy |
Divisions: | Program Pascasarjana > Program Studi Magister Hukum Keluarga Islam |
Depositing User: | Yunita Lestari S.Adm, M.Sos |
Date Deposited: | 09 Dec 2021 04:18 |
Last Modified: | 09 Dec 2021 04:18 |
URI: | http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/1668 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |