Sodakoh, Zikrul (2019) Penerapan halaqah dalam pembelajaran at-tibyan pada diniyah ulya di pendidikan pesantren NU Hidayatul Muttaqin Pagutan Mataram. Undergraduate thesis, UIN Mataram.

[img] Text
Zikrul Sodakoh 151121125.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

INDONESIA Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan metode halaqah dalam pembelajaran al-quran di pendidikan pesantren nu hidayatul muttaqin pagutan mataram dan faktor-faktor yang menjadi kendalanya. Dalam penelitian ini, yang menjadi subjek adalah santri dan guru. Sedangkan yang menjadi objek penelitian adalah pelaksanaan metode halaqah dalam pembelajaran Al-Quran di Pendidikan Pesantren NU Hidayatul Muttaqin Pagutan Mataram. Bedasarkan hasil penelitian bahwa: 1. Proses pelaksanaan halaqah di diniyah ulya pendidikan pesantren nu hidayatul muttaqin pagutan mataram dilakukan dengan tiga tahap yaitu: pertama persiapan, kedua pelaksanaan, dan ketiga evaluasi. 2. Kendala yang d hadapi guru maupun santri yaitu: pertama kurangnya alokasi waktu belajar, kedua banyaknya halaqah yang menampung santri, ketiga santri yang paling jauh dari santri kurang konsentrasi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: metode belajar; halaqoh; pembelajaran at tibyan
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130109 Pesantren (Islamic boarding school)
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Yunita Lestari S.Adm, M.Sos
Date Deposited: 07 Dec 2021 02:17
Last Modified: 07 Dec 2021 02:17
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/1645

Actions (login required)

View Item View Item