Sodakoh, Zikrul (2019) Penerapan halaqah dalam pembelajaran at-tibyan pada diniyah ulya di pendidikan pesantren NU Hidayatul Muttaqin Pagutan Mataram. Undergraduate thesis, UIN Mataram.
![]() |
Text
Zikrul Sodakoh 151121125.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (1MB) |
Abstract
INDONESIA Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan metode halaqah dalam pembelajaran al-quran di pendidikan pesantren nu hidayatul muttaqin pagutan mataram dan faktor-faktor yang menjadi kendalanya. Dalam penelitian ini, yang menjadi subjek adalah santri dan guru. Sedangkan yang menjadi objek penelitian adalah pelaksanaan metode halaqah dalam pembelajaran Al-Quran di Pendidikan Pesantren NU Hidayatul Muttaqin Pagutan Mataram. Bedasarkan hasil penelitian bahwa: 1. Proses pelaksanaan halaqah di diniyah ulya pendidikan pesantren nu hidayatul muttaqin pagutan mataram dilakukan dengan tiga tahap yaitu: pertama persiapan, kedua pelaksanaan, dan ketiga evaluasi. 2. Kendala yang d hadapi guru maupun santri yaitu: pertama kurangnya alokasi waktu belajar, kedua banyaknya halaqah yang menampung santri, ketiga santri yang paling jauh dari santri kurang konsentrasi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | metode belajar; halaqoh; pembelajaran at tibyan |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130109 Pesantren (Islamic boarding school) 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Yunita Lestari S.Adm, M.Sos |
Date Deposited: | 07 Dec 2021 02:17 |
Last Modified: | 07 Dec 2021 02:17 |
URI: | http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/1645 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |