Masrom, Masrom (2019) Strategi pemasaran gadai syariah dalam meningkatkan jumlah nasabah: studi kasus di pegadaian syariah cabang Ende. Undergraduate thesis, UIN Mataram.
![]() |
Text
Masrom 152145051.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (672kB) |
Abstract
INDONESIA Pegadaian Syariah merupakan bagian dari pegadaian umum yang secara kelembagaan merupakan perusahaan milik negara yang didirikan melalui peraturan pemerintah dan salah satu badan usaha di Indonesia yang secara resmi mempunyai ijin untuk melaksanakan kegiatan lembaga keuangan berupa pembiayaan dalam bentuk penyaluran dana ke masyarakat atas dasar hukum gadai. Suatu perusahaan yang bergerak dalam bidang apa pun baik yang berorientasi terhadap perolehan laba jangka panjang maupun perusahaan nirlaba membutuhkan pemasaran. Pada umumnya masyarakat hanya memahami pemasaran sebagai sebuah penjualan. Padahal pemasaran itu mempunyai arti lebih luas karena pemasaran adalah suatu proses yang teratur dan jelas untuk memikirkan dan merencanakan pasar. Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui strategi pemasaran yang diterapkan oleh Pegadaian Syariah Cabang Ende dalam meningkatkan jumlah nasabah dan untuk mengetahui apakah strategi pemasaran yang diterapkan oleh Pegadaian Syariah Cabang Ende tersebut dapat meningkatkan jumlah nasabah. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini terdiri dari data primer dan sekunder yang diperoleh dari hasil wawancara dengan Manajer Cabang Pegadaian Syariah Cabang Ende, dan dokumentasi melalui literatur-literatur kepustakaan, buku-buku, dan sumber lainnya yang relevan dengan penelitian ini. Penelitian ini menghasilkan temuan sebagai berikut.Pertama, strategi pemasaran yang digunakan oleh Pegadaian Syariah Cabang Ende menggunakan strategi 4P: Produk, Price, Place, dan Promotion. Dalam hal produk dengan cara pengembangan produk Ar-Rahn menjadi ARRUM (Ar-Rahn untuk Usaha Mikro Kecil) dan pengoptimalan taksiran. Dalam hal harga mu,nah(biaya administrasi) bagi produk rahn dan ujroh(jasa simpan) bagi Produk-produk yang lain seperti arrum dan amanah. Mu,nah ini berkisar dari yang paling bawah Rp 2.500,- sampai dengan Rp 125.000,-, hal ini mempengaruhi eksistensi Pegadaian Syariah. Dalam hal distribusi, yaitu dilakukan dengan cara membuka UPC (Unit Pelayanan Cabang). Dalam hal promosi, yaitu dengan periklanan, berupa leaflet, brosur, spanduk, souvenir, publisitas.Kedua, strategi pemasaran yang telah dilakukan oleh Pegadaian Syariah Cabang Ende ternyata mampu meningkatkan jumlah nasabah.Ini terbukti dengan peningkatan jumlah nasabah dari 2014-1018. Kata kunci: strategi pemasaran, produk gadai syariah, implementasi jumlah nasabah
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | strategi pemasaran; pegadaian syariah; nasabah |
Subjects: | 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations) 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012705 al-Rahn (Pergadaian) 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Yunita Lestari S.Adm, M.Sos |
Date Deposited: | 16 Nov 2021 03:14 |
Last Modified: | 16 Nov 2021 03:20 |
URI: | http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/1577 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |