Anggraini, Gilzatun (2019) Perbandingan hasil belajar siswa yang mengikuti pelajaran kitab kuning dengan siswa yang tidak mengikuti pelajaran kitab kuning pada pembelajaran bahasa arab di Pondok Pesantren Al-Halimy Sesela Gunung Sari Lombok Barat Tahun Pelajaran 2017/2018. Undergraduate thesis, UIN Mataram.
![]() |
Text
Gilzatun Anggraini 151132131_opt.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (2MB) |
Abstract
INDONESIA Pada penelitian ini, peneliti mengangkat judul tentang “perbandingan hasil belajar siswa yang mengikuti pelajaran kitab kuning dengan siswa yang tidak mengikuti pelajaran kitab kuning pada pembelajaran bahasa arab di pondok pesantren al-halimy sesela gunung sari lombok barat tahun pelajaran 2017/2018”. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana proses pembelajaran kitab kuning dengan menggunakan bahasa Arab dan kendala-kendala atau permasalahan yang terjadi di dalam proses pembelajaran bahasa arab menggunakan kitab kuning. Penelitian ini termasuk pendekatan deskriptif kuantitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan yakni metode observasi, metode wawancara, dan metode dokumentasi. Metode observasi ini digunakan untuk mendapatkan informasi dengan mengamati kegiatan atau keadaan yang terjadi pada saat proses pembelajaran bahasa Arab dengan menggunakan kitab kuning. Adapun metode wawancara digunakan untuk mendapatkan data atau informasi yang terkait dengan proses pembelajaran bahasa Arab dengan menggunakan kitab kuning. Sedangkan metode dokumentasi digunakan untuk mendapatkan data atau informasi yang terkait profil pondok pesantren al-halimy sesela gunung sari lombok barat. INGGRIS In this evaluation, the researcher raised the title “Comparison of the results of the Arabic language subject between students who are enrolled in the prestigious book learning program and who are not in the Halimi Institute Sasila Gong Sari Lombok West for the 2018/2017 academic year The purpose of this study is to know how to use the process of learning books considered in Arabic and obstacles or Problems that occur in the process of learning the Arabic language using recognized books. This study included the quantitative descriptive approach. The data collection methods used are observation methods, interview methods and documentation methods. This observation method is used to obtain information by observing the activities or circumstances that occur during the process of learning the Arabic language using considered books. The interview method is used to obtain data or information related to the Arabic language learning process using recognized books. Whereas, the documentation method is used to obtain data or information relevant to the Sasila Gung Suri Institute's profile, West Lombok. From the results of the research conducted by researchers at the Interior AlHalimi Institute, the researchers found that the process of learning the Arabic language using books considered for the teacher uses several methods of teaching including reading methods, translation methods, questions and answer methods, and methods of assignment. The limitations or problems present in the learning process are of two types. Both are obstacles in language and foreign language barriers. There are language restrictions, including the pupils not memorizing Arabic vocabulary much, and many pupils cannot read the well-regarded book rather than according to its meaning. External limitations of the language are the memorization of very little vocabulary, and limitations in presenting materials. Comparison of the results of the Arabic language subject between the students enrolled in the prestigious and unconnected book learning program. Dari hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti di pondok pesantren al- halimy, maka peneliti menemukan bahwasanya proses pembelajaran bahasa Arab dengan menggunaka kitab kuning guru menggunakan beberapa metode dalam mengajar diantaranya, metode membaca, metode mengartikan, metode tanya jawab, dan metode pemberian tugas. Adapun kendala atau permasalahan yang didapati dalam proses pembelajaran yakni ada dua macam. Keduanya adalah kendala dalam kebahasaan dan kendala luar kebahasaan. Adapaun kendala kebahasaan diantaranya murid tidak banyak menghafal mufrodat bahasa Arab, dan banyak diantara para murid tidak bisa membaca kitab kuning dengan baik dan tidak sesuai dengan maknanya. Adapun kendala dari luar kebahasaan yakni, penghafalan mufrodat yang sangat sedikit, dan kendala dalam penyampaian materi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | hasil belajar; kitab kuning; perbandingan belajar |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130109 Pesantren (Islamic boarding school) 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130214 Teaching Arabic as a Foreign Language (Ta'lim al-'Arabiyah Lighairi al-Nathiqin Biha) Curriculum and Pedagogy > 13021407 Tahlil al-Nushush (Text Analysis) 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130214 Teaching Arabic as a Foreign Language (Ta'lim al-'Arabiyah Lighairi al-Nathiqin Biha) Curriculum and Pedagogy > 13021408 Taqwim al-Ta'lim (Teaching Evaluation) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Bahasa Arab |
Depositing User: | Yunita Lestari S.Adm, M.Sos |
Date Deposited: | 01 Nov 2021 05:17 |
Last Modified: | 01 Nov 2021 05:17 |
URI: | http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/1533 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |