Ulfa, Mariana (2020) Dampak reward dan punishment dalam membentuk disiplin anak usia 5-6 tahun pada masa BDR (belajar dari rumah) di TK Putra 1 Mataram. Undergraduate thesis, UIN Mataram.
Text
Mariana Ulfa 160110007 tidak lengkap.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (438kB) |
Abstract
INDONESIA Dalam proses belajar disiplin menduduki kedudukan yang sangat penting untuk mencegah atau menjaga hal-hal yang dapat menhambat selama proses belajar. Untuk hal ini metodereward dan punishment dinilai tepat untuk mengatasikurangnya kedisiplinan pada peserta didik . disiplinmerupakan kebutuhandasar anak dalam rangka pembentkan dan pengembangan karakter disiplin anak. Penelitian ini bertjuan untuk memperoleh data mengenai dampak reward dan punishment dalam membentuk disiplin anak usia 5-6 Tahun pada masa BDR (Belajar Dari Rumah di TK Putra 1 Mataram. dalam membentuk disiplin anak usia 5-6 tahun guru di TK Putra 1 Mataram menggunakan metode reward dan punishment. Reward merupakan adiah, penghargaan yang dijakan sebagai alat pendidkan dan iberikanketika anak melakukan hal positif dan mengerjakan sesuatu dengan baik. Sedangkan, punishmentyaitu hukuman yang diberikan kepada anak yang melakukan pelanggaran dengan tujuan agar anak merasa jera dan mau memperbaiki kesalahan yang diperbuatnya. Jenis penelitan ini menggunaka pendekatan ualitatif deskriftif dengan fokus peneltian dampak reward dan punishment dalam membentuk disiplin pada anak usia 5-6 tahun mada masa BDR di TK Putra 1 Mataram. teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancaa, dan dokumentasi. Adapun yang menjadi sumber data primer adalah Kepala Sekola TK Putra 1 Mataram dan guru-guru sedangkan sumber data sekndernya yaitu perwakilan orang tua, dokumen, arsip, dan data lainnya. Untuk uji keabsahan data menggunakan triangulasi data. Hasil dari penelitian ini adalah reward dan punishment berdampak positif dalam membentuk disiplin pada anak ketika anak diberikan reward anak menjadi senang dan berusaha menunjukkan sikap positif dan disiplin dan ketika anak diberikan punishment ketika melakukan pelanggaran anak merasa jera dan mau memperbaiki kesalahannya. Adapun bentuk reward dan punishment yang diberikan yaitu kalimat pujian, penghargaan, hadiah, motivasi, sedangkan punishment berupa peringatan dan teguran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | reward; punishmnet; psikologi anak |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130102 Early Childhood Education 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170103 Educational Psychology |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | Yunita Lestari S.Adm, M.Sos |
Date Deposited: | 11 Oct 2021 06:27 |
Last Modified: | 02 Feb 2024 01:51 |
URI: | http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/1473 |
Actions (login required)
View Item |