Jaye, Wire (2018) Penerapan media audio visual pada pembelajaran Qur'an Hadits siswa kelas VII MTs Islahil Athfal Rumak Kediri. Other thesis, Universitas Islam Negeri Mataram.
![]() |
Text
WIre Jaye 151141083.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) |
Abstract
INDONESIA : Penelitian ini bertujuan untuk salah satunya mengetahui bagaimana penerapan media audio visual pada pembelajaran Qur’an Hadits siswa kelas VII. MTs. Ishlahil Athfal Rumak Kediri, dan mendiskripsikan apa faktor penghambat dan pendukung dalam penerapan media audio visual pada pembelajaran Qur’an Hadits siswa kelas VII. MTs. Ishlahil Athfal Rumak Kediri. Untuk mencapai tujuan di atas, dalam penelitian ini peneliti menggunakan jenis pendekatan penelitian kualitatif. Pendekatan ini merupakan strategi penelitian untuk memperoleh data yang valid sesuai dengan karakteristik. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini dilakukan dengan pendekatan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Untuk analisis data menggunakan deskriptif kualitatif melalui tiga tahap yaitu: reduksi data, penyajian data, verifikasi data. Sedangkan pengecekan keabsahan data menggunakan ketekunan pengamatan, kecukupan referensi dan triangulasi. Adapun hasil penelitain menunjukan bahwa, yang pertama penerapan media audio visual pada pembelajaran Qur’an Hadits siswa kelas VII. MTs. Ishlahil Athfal Rumak Kediri, diantarnya adalah dengan menampilkan media audio visual yaitu video dan film saat pelajaran Qur’an Hadits, akan tetapi tidak setiap materi pelajaran menggunakan media audio visual. Kadang menggunakan power point yang mana setelah menjelaskan materi pelajaran disertakan contoh dalam bentuk video dan film yang mana berkaitan dengan materi pelajaran dan menyesuaikan dengan RPP Qur’an Hadits. Yang kedua faktor penghambat dan pendukung penerapan media audio visual pada pembelajaran Qur’an hadits, diantaranya yaitu faktor penghambat terdiri dari: kondisi siswa, kecerdasan siswa yang berbedabeda, biaya yang mahal dan mengantuk di dalam kelas. Sedangkan faktor pendukung media audio visual ini dalam pembelajaran Qur’an Hadits ialah diantaranya yaitu: media yang tersedia di sekolah, dana Boss, mudah dipahami, lebih memilih membaca buku yang ada di perpustakan dibanding membeli jajan di kantin sekitar sekolah ataupun bermain-main, serta lebih aktif dalam bertanya dan berdiskusi dalam memcahkan persoalan di dalam kelas.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | audio visual; media; qur’an hadits |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies > 22040301 Al-Quran, Tafsir and related science 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies > 22040302 Al-Hadits, and related science |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Lalu Muh Hammam Tsani |
Date Deposited: | 22 Feb 2021 01:12 |
Last Modified: | 22 Feb 2021 01:47 |
URI: | http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/139 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |