Suhaela, Meidina (2011) Penerapan pendekatan SETS (Science Environtment Technology And Society) pada materi bioteknologi untuk meningkatkan daya serap siswa kelas IX MTs. Ittihadil Ummah Kr. Anyar Pagesangan Timur tahun pelajaran 2010/2011. Undergraduate thesis, IAIN MATARAM.

[img] Text
Meidina Suhaela 151065047.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB)

Abstract

INDONESIA Proses pembelajaran yang hanya berupa transfer ilmu dari guru ke siswa masih dapat dijumpai di beberapa sekolah. Pada proses pembelajaran banyak didominasi oleh peran guru tanpa melibatkan keaktifan siswa dalam menjawab atau bertanya. Guru telah memberikan suatu konsep yang pasti dari fenomena yang ditampilkan tanpa memberikan kesempatan siswa untuk sehingga hampir 9096 siswa belum terbiasa untuk aktif bertanya atau menjawab pertanyaan. Penelitian ini bertujuan meningkatkan daya serap siswa melalui penerapan pendekatan SETS (Science Environment Technology and Society) di Mts. Ittihadil Ummah Kr. Anyar Pagesangan Timur pada materi bioteknologi. Peneliti menggunakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) dengan tiga siklus Penelitian dilaksanakan pada semester ganjil tahun pelajaran 2010/2011 pada bulan September-oktober 2010. Penerapan pendekatan SETS yang digunakan terdiri dari 5 tahapan yang meliputi pendahuluan, pembentukan/pengembangan konsep, aplikasi konsep dalam kehidupan, pemantapan konsep, dan penilaian. Teknik pengumpulan data dari penelitian ini adalah dengan cara mengumpulkan data yang diperoleh dari nilai setelah penerapan pendekatan SETS yaitu data yang diperoleh setiap akhir pertemuan, mengukur peningkatan daya serap siswa melalui tes dan aktivitas siswa melalui lembar observasi. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini adalah kelas IX yang berjumlah 23 siswa. Analisis data dari penelitian ini adalah dengan cara deskriptif kualitatif, yaitu dengan cara menganalisis data perkembangan siswa dari siklus 1 sampai siklus III. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan terhadap aktivitas dan daya serap siswa. Nilai rata-rata pada siklus I yaitu 50 dengan persentase ketuntasan 39,13 96, rata-rata siklus II meningkat menjadi 60 dengan persentase ketuntasan 69,596 dan rata-rata pada Siklus III meningkat menjadi 65,21 dengan persentase ketuntasan 82,606. “Aktivitas siswa juga meningkat dari siklus 1 sampai siklus III. Pada siklus T didapatkan rata-rata 13,32 (kurang aktif), rata-rata siklus II meningkat menjadi 20 (cukup aktif), dan rata-rata siklus III meningkat menjadi 22,65 (aktif). Dengan demikian dapat diambil kesimpulan bahwa penerapan pendekatan SETS (Science Environment Technology and Society) dapat meningkatan daya serap siswa dari siklus I sampai dengan siklus III.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: pendekatan sets; bioteknologi; daya serap siswa
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130212 Science, Technology and Engineering Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: Ika Merdeka Wati
Date Deposited: 14 Mar 2025 06:18
Last Modified: 14 Mar 2025 06:18
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/1384

Actions (login required)

View Item View Item