Arini, Junita (2019) Strategi dan metode menghafal Al Quran: studi kasus di Pondok Tahfizh Darul Itqon Bilasundung Desa Paokmotong Kecamatan Masbagik Kabupaten Lombok Timur. Undergraduate thesis, UIN Mataram.
![]() |
Text
Junita Arini 160101068.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (2MB) |
Abstract
INDONESIA Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah : (1) Bagaimanakah strategi menghafal Alquran di Pondok Tahfizh Darul Itqon Bilasundung Desa Paokmotong Kecamatan Masbagik Kabupaten Lombok Timur? (2) Bagaimanakah metode menghafal Alquran di Pondok Tahfizh Darul Itqon Bilasundung Desa Paokmotong Kecamatan Masbagik Kabupaten Lombok Timur? (3) Apakah faktor-faktor yang menjadi penghambat dan pendukung dalam menghafal Alquran di Pondok Tahfizh Darul Itqon Bilasundung Desa Paokmotong Kecamatan Masbagik Kabupaten Lombok Timur? Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Metode kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah studi kasus. Jenis data penelitian berupa catatan lapangan, dokumentasi dan foto. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data deskriptif dengan cara memilah-milah data, mengklarifikasi data, dan menginterpretasikan data yang ditemukan di lapangan sehingga lebih mudah untuk menarik sebuah kesimpulan. Hasil penelitian dan pembahasan penelitian ini yaitu: (1) Strategi menghafal Alquran di Pondok Tahfizh Darul Itqon Bilasundung adalah dengan strategi pengulanagan per 1 juz, 3 juz, dan muraja’ah kelompok, pembiasaan menggunakan satu jenis mushaf, selalu memperhatikan ayat yang serupa, tidak berpindah ayat sebelum ayat yang dihafalkan benar-benar hafal, selanjutnya disetorkan kepada seorang pengampu. (2) Metode menghafal Alquran di Pondok Tahfizh Darul Itqon Bilasundung adalah metode wahdah, metode sima’i, menggabung hafalan baru dengan yang lama, membuat target hafalan, semaan dengan sesama teman hafizh, dan memperbanyak membaca Alquran. (3) Faktorfaktoryang menjadi penghambat dan pendukung dalam menghafal Alquran di Pondok Tahfizh Darul Itqon Bilasundung, (a) Faktor penghambat mengahfal Alquran di Pondok Tahfizh Darul Itqon adalah tidak menguasai makhraj dan tajwid, jarang muraja’ah, tidak bisa membagi waktu antara sekolah dengan menghafal, rasa malas, dan kurang konsentrasi. (b) Faktor pendukung menghafal Alquran di Pondok Tahfizh Darul Itqon adalah kesadaran diri sendiri yang meliputi cita-cita menjadi hafizh Alquran dan keinginan membalas jasa orang tua serta motivasi yang meliputi dorongan orang tua dan nasihat berharga dari pimpinan pondok Tahfizh Darul Itqon.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | strategi belajar; metode menghafal; pondok tahfidz |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130109 Pesantren (Islamic boarding school) 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Yunita Lestari S.Adm, M.Sos |
Date Deposited: | 27 Sep 2021 07:38 |
Last Modified: | 27 Sep 2021 07:38 |
URI: | http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/1362 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |