Aynaini, Qurratul (2020) Peran pondok pesantren dalam membentuk karakter santri di pondok pesantren Nurul Haramain NW Putri Narmada Tahun Ajaran 2020-2021. Undergraduate thesis, UIN Mataram.

[img] Text
Qurratul Aynaini 160101080.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

INDONESIA Latar belakang dari penelitian ini adalah karena fenomena yang terjadi di Indonesia yang sangat memprihatinkan, sehingga penurunan moral dari generasi muda menjadi menurun. Oleh karena itu, untuk menghadapi masalah terkait penurunan moral dan karakter generasi muda diperlukan pendidikan khusus yang memang bertujuan untuk menciptakan generasi muda yang cerdas dan berakhlakul karimah di antaranya adalah melalui pendidikan pondok pesantren. Sebagaimana tujuannya yaitu mendidik santri menjadi seorang muslim yang bertakwa kepada Allah SWT. Dan menjadikan agama sebagai pedoman dalam hidup. Maka pondok pesantren merupakan lembaga yang cocok dalam membentuk karakter pada anak guna mempersiapkan generasi muda bangsa yang siap membangun Indonesia menjadi lebih baik. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk menngetahui peran, metode dan faktor pendukung serta penghambat pondok pesantren dalam membentuk karakter pada santri di Pondok Pesantren Nurul Haramain NW Putri Narmada. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Dan penganalisisan data dilakukan melalui proses reduksi data, penyajian data dan verifikasi data (kesimpulan). Kemudian pengecekan keabsahan data dengan mengadakan triangulasi teknik yaitu dengan membandingkan data hasil pengamatan dengan hasil wawancara, kemudian hasil wawancara juga dibandingkan dengan dokumen yang berkaitan. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh temuan bahwa pada Pondok Pesantren Nurul Haramain NW Putri Narmada pembentukkan karakter pada santri didapatkan melalui pendidikan kepondokan. Hal ini terlaksana dengan pondok pesantren yang menjadi penyelenggara pendidikan yang mampu mengajarkan santri tidak hanya teori tetapi juga mempraktekkannya secara langsung. Dalam membentuk karakter santri Pondok Pesantren Nurul Haramain NW Putri Narmada menggunakan metode ceramah, keteladanan, pembiasaan, pemberian nasihat dan hukuman serta pemanfaatan media online guna melatih para santri moral dan mental para santri. Kemudian faktor pendukung dalam menjalankan perannya adalah tumbuhnya rasa semangat para santri untuk menuntut ilmu dan didukung oleh lingkungan pondok yang membawa pengaruh positif pada santri. Sebaliknya faktor yang menghambatnya adalah para santri sulit mengatur waktu karena padatnya kegiatan pondok sehingga para santri menjadi jenuh, malas, dan mengantuk saat kegiatan pembelajaran

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: pondok pesnatren; pembentukan karakter; psikologi pendidikan
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130109 Pesantren (Islamic boarding school)
17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170111 Psychology of Religion
17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170112 Sensory Processes, Perception and Performance
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Yunita Lestari S.Adm, M.Sos
Date Deposited: 27 Sep 2021 06:17
Last Modified: 27 Sep 2021 06:17
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/1356

Actions (login required)

View Item View Item