Erlita, Novia Dewi (2020) Strategi guru ngaji dalam mengatasi kesulitan memahami Ilmu tajwid pada anak usia sekolah di TPA Santren Nurul Iman Bunkelok. Undergraduate thesis, UIN Mataram.

[img] Text
Novia Dewi Erlita 160101027.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

INDONESIA Penelitian ini di latarbelakangi oleh kesulitan memahami ilmu tajwid pada anak usia sekolah diTPA Santren NurulIman Bunkelok.Dari keseluruhan peserta didik yang yang sudah ditingkatmushafAl-Quran yang berjumlah 24 orang,dan yang masih belajarAl-Quran menggunakan buku Iqra berjumlah 18 orang,hanya beberapa orang saja yang bias membaca Al-Quran sesuai dengan kaidah tajwid yang berlaku pada setiap bacaan yang mereka baca.Penelitianinibertujuanuntukmengetahui:(1) Penguasaan ilmu tajwid pada peserta didik di TPA Santren NurulIman Bunkelok dan (2) Pelaksanaan strategi guru ngajidalam mengatasi Kesulitan memahami ilmu tajwid pada anak usia sekolah di TPA Santren Nurul Iman Bunkelok.penelitian ini menggunakan penelitian jenis kualitatif Deskriptif analitik.Data penelitian di peroleh melalui observasi,wawancara,Dan dokumentasi.Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah reduksi data,data display (penyejiandata),danverifikasi (menarik kesimpulan).Teknik pengecekan data yang digunakan dalam penelitian ini Adalah triangulasi.Hasil penelitian menunjuk kan bahwa:(1)penguasaan Ilmu tajwid pada pada peserta di dikdiTPA Santren Nurul Iman Bukelok sebelum diterapkannya belajar tajwid dengan cara bernyanyi bias dikatakan belum sepadan dengan kaidah ilmu tajwid yang berlaku Meskipun bacaan mereka sudah ditingkat mushaf Al-Quran.Mereka masih Banyak merasa kesulitan membedakan panjang pendek, makhorijul huruf, Membedakan ikhfa’dan idgham,dan lain-lain,(2) penerapan strategi guru Ngaji dalam mengatasi kesulitan memahami ilmu tajwid pada anak usia Sekolah diTPA Santren NurulIman Bunkelok dilakukan dengan duacara yakni dengan menggunakan strategi belajar sambil bernyanyi, menyanyikan lagu-lagu tajwid yang dilakukan sekali dalam seminggu pada malam Minggu dan kemudian belajarmengaji bersama yang dilakukan setiap malam kecualimalam Minggu dan Jumatyang ditujukan untuk mengukur sejauh mana pemahaman peserta didik tentang tajwid.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: guru ngaji; kesulitan belajar; anak usia dini; psikologi pendidikan
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130102 Early Childhood Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170111 Psychology of Religion
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Yunita Lestari S.Adm, M.Sos
Date Deposited: 27 Sep 2021 05:57
Last Modified: 27 Sep 2021 05:57
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/1354

Actions (login required)

View Item View Item