Maskur, Muh. (2020) Peran guru PAI dalam menanamkan karakter kedisiplinan pada siswa kelas VIII di SMPN 4 Praya Tengah Lombok Tengah Tahun Pelajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, UIN Mataram.

[img] Text
Muh. Maskur 160101092.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

INDONESIA Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Peran Guru PAI Dalam Menanamkan Karakter Kedisiplinan Pada Siswa Kelas VIII Di SMPN 4 Praya Tengah Lombok Tengah Tahun Pelajaran 2019/2020. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Pendekatan ini merupakan strategi penelitian untuk memperoleh data yang valid sesuai dengan karakteristik. Objek penelitiannya adalah kepala sekolah, guru bimbingan konseling (BK), guru PAI dan siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini dilakukan dengan pendekatan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan metode analisis data yang digunakan adalah analisis induktif artinya peneliti memaparkan peristiwa-peristiwa yang bersifat khusus kemudian menarik kesimpulan secara umum. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru PAI yang selalu mengajar dengan pemberian nasihat dan motivasi, tidak lupa juga menegur dan memberi hukuman yang mendidik bagi siswa yang melanggar aturan. Peran Guru PAI dalam menanamkan kedisiplinan siswa, melaui memberikan bimbingan arahan dan motivasi sebelum masuk kelas, menerapkan kedisiplinan baik dari segi waktu sesuai tata tertib aturan yang ada di sekolah, berpakaian rapi, menjaga kebersihan agar mampu belajar dengan nyaman dan menyenangkan di kelas. Lalu dalam sebuah upaya pasti ada faktor pendukung dan penghambatnya. Begitu juga di SMPN 4 Praya Tengah. Dalam prakteknya guru, orang tua, teman sebaya dan lingkungan masyarakat bisa menjadi faktor yang mendukung maupun menghambat upaya pembentukan karakter disiplin.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: guru; pendidikan karakter; disiplin siswa
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators
17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170103 Educational Psychology
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Yunita Lestari S.Adm, M.Sos
Date Deposited: 24 Sep 2021 08:22
Last Modified: 24 Sep 2021 08:22
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/1344

Actions (login required)

View Item View Item