Analisis kesulitan guru dalam implementasi penilaian autentik di MIN 1 Lombok Tengah Tahun Pelajaran 2017/2018

Adawiyah, Raudatul (2018) Analisis kesulitan guru dalam implementasi penilaian autentik di MIN 1 Lombok Tengah Tahun Pelajaran 2017/2018. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Mataram.

[img]
Preview
Text
Raudatul Adawiyah 151149247.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB) | Preview

Abstract

INDONESIA Tujuan dari penelitian ini yaitu, untuk mengetahui bagaimana implementasi penilaian autentik dan apa saja kesulitan guru dalam mengimplementasikan penilaian autentik di MIN 1 Lombok Tengah. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif, metode pengumpulan data yang digunakan yaitu, observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis Mulles dan Huberman yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan (verifikasi). Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: implementasi penilaian utentik di MIN 1 Lombok Tengah diterapkan dengan cukup baik. Meskipun masih terdapat beberapa guru yang belum memahami model penilaian kurikulum 2013. Secara umum guru terus berusaha menerapkan penilaian pada aspek-aspek yang ada dalam penilaian autentik yaitu: aspek sikap, aspek pengetahuan dan aspek keterampilan. Dalam pelaksanaan penilaian autentik guru menggunakan berbagai kriteria dalam menilai. Penilaian dilakukan selama proses pembelajaran berlangsung, yaitu dari awal pembelajaran, proses pembelajaran dan akhir pembelajaran yang mencakup kompetensi dan keterampilan yang harus dimiliki siswa. Adapun kesulitan yang dihadapi guru di MIN 1 Lombok Tengah yaitu: kesulitan dalam menentukan kriteria penilaian, kesulitan dalam memberi skor, kesulitan dalam memanfaatkan waktu dan kesulitan dari perbedaan karakter siswa. Solusi yang dilakukan guru dalam menghadapi kesulitan tersebut yaitu, mengikuti berbagai pelatihan, bermusyawarah dengan sesama guru dan belajar secara autodidak.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Guru; Penilaian autentik; MIN 1 Lombok Tengah
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Yunita Lestari S.Adm
Date Deposited: 31 Jan 2019 03:42
Last Modified: 31 Jan 2019 03:42
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/1331

Actions (login required)

View Item View Item