Peran guru pendidikan agama islam dalam meningkatkan motivasi belajar siswakelas VII di SMP Negeri 3 Empang kec. Empang kab. Sumbawa Tahun Pelajaran 2017/2018

Setiyawati, Yuni (2017) Peran guru pendidikan agama islam dalam meningkatkan motivasi belajar siswakelas VII di SMP Negeri 3 Empang kec. Empang kab. Sumbawa Tahun Pelajaran 2017/2018. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Mataram.

[img]
Preview
Text
Yuni Setiyawati151131045.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB) | Preview

Abstract

INDONESIA Tujuan Penelitian ini adalah: (a) Untuk Mengetahui Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas VII di SMP Negeri 3 Empang. (b) Untuk Mengetahui Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas VII di SMP Negeri 3 Empang (c) Untuk Mengetahui Kendala dan Solusi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas VII di SMP Negeri 3 Empang. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan tekhnik observasi, wawancara dan dokumentasi. Untuk menghindari kesalahan data di lapangan, maka diadakan pemeriksaan validitas data dengan tekhnik: a) Perpanjangan Pengamatan, b) Ketekunan Pengamatan , c) Triangulasi dan d) Pemeriksaan sejawat melalui diskusi. Hasil penelitian ini adalah: a) adalah motivasi belajar siswa dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam kelas VII di SMP Negeri 3 Empang dikatakan masih rendah. Hal ini dapat di lihat dari cara siswa dalam kegiatan belajar mengajar: siswa tidak serius belajar, rebut di dalam kelas, bolos, tidak mengerjakan tugas, dll. b) Peran guru Pendidikan Agama Islam dalam meningktan motivasi belajar siswa dala pembelajaran Pendidikan Agama Islam kelas VII di SMP Negeri 3 Empang bahwa guru Pendidikan Agama Islam berperan sebagai: 1) Memberi bimbingan, 2) Menciptakan suasana kelas yang kondusif dan menyenangkan, 3) Memberi penilaian. c) Kendala dan solusi guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam kelas VII di SMP Negeri 3 Empang, terdapat beberapa faktor penyebab yaitu datang dari diri siswa dan datang dari luar diri siswa (Orang tua, lingkungan masyarakat, dan lingkungan sekolah).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Guru; Motivasi belajar; SMP Negeri 3 Empang
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Yunita Lestari S.Adm
Date Deposited: 18 Dec 2018 06:53
Last Modified: 18 Dec 2018 06:53
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/1213

Actions (login required)

View Item View Item