Peran guru akidah akhlak dalam membentuk kepribadian siswa kelas VIII di MTs. Al-Madaniyah Jempong Barat Mataram Tahun Pelajaran 2017/2018

Sari, Yeyen Novita (2018) Peran guru akidah akhlak dalam membentuk kepribadian siswa kelas VIII di MTs. Al-Madaniyah Jempong Barat Mataram Tahun Pelajaran 2017/2018. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Mataram.

[img]
Preview
Text
Yeyen Novia Sari151141239.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Preview

Abstract

INDONESIA Tujuan dilakukan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana peran guru akidah akhlak dalam membentuk kepribadian siswa, mengetahui Faktor yang Menghambat peran guru Akidah Akhlak dalam membentuk kepribadian siswa dan mengetahui upaya yang dilakukan guru akidah akhlak dalam mengatasi hambatannya dalam membentuk kepribadian siswa kelas VIII di MTs. Al-Madaniyah Jempong. Untuk merealisasikan penelitian ini, peneliti mengunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Dalam pengumpulan data, peneliti menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Untuk teknik analisis data penulis menggunakan analisis reduksi data, penyajian data, dan Verification data. Dari hasil penelitian yang dilakukan penulis akhirnya menghasilkan kesimpulan sebagai berikut: peran guru Akidah Akhlak dalam membentuk kepribadian siswa kelas VIII di MTs. Al-Madaniyah Jempong meliputi, Pertama, pendidik memberikan didikan kepada peserta didik dalam bentuk suri tauladan yang baik. Kedua, pengajar memberikan kemudahan belajar kepada siswa dan mentransfer ilmu pengetahuan. Ketiga, pembimbing membina peserta didik kearah kedewasaan berpikir dan berperilaku. Keempat, pengarah memberikan arahan kepada siswa untuk mencapai tujuan pembelajaran. Kelima, pelatih memberikan sarana kepada siswa untuk mengembangkan kreativitas dalam belajar. Keenam, evaluator melakukan penilaian terhadap peserta didik baik pemahaman, sikap, dan keterampilan. Guru Akidah Akhlak menjalankan perannya dengan baik sebagai pendidik, pengarah, dan evaluator. Walaupun guru Akidah Akhlak dalam menjalankan perannya sebagai pembimbing, pengajar, dan pelatih kurang maksimal karena disebabkan oleh faktor dari guru Akidah Akhlak sendiri dan berasal dari siswa. Peran guru Akidah Akhlak dalam membentuk kepribadian siswa memiliki hambatan dan juga upaya dalam mengatasinya. Di antara hambatan yang dihadapi guru Akidah Akhlak dalam membentuk kepribadian siswa adalah berasal dari faktor internal dan eksternal dari siswa. Sedangkan upaya yang dilakukan guru Akidah Akhlak dalam mengatasi hambatan membentuk kepribadian siswa yakni, memberikan tugas kepada siswa, kerjasama pihak sekolah dengan orang tua siswa, dan kegiatan keagamaan yang dilaksanakan di MTs. Al-Madaniyah Jempong.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Guru; Psikologi anak; MTs. Al-Madaniyah Jempong Barat
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Yunita Lestari S.Adm
Date Deposited: 18 Dec 2018 06:14
Last Modified: 18 Dec 2018 06:14
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/1211

Actions (login required)

View Item View Item