Pengaruh penerapan metode bervariasi terhadap peningkatan hasil belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran fiqih di MTs Dakwah Islamiyah Putri Nurul Hakim Kediri Tahun Pelajaran 2017/ 2018

Saidah, Usratun (2018) Pengaruh penerapan metode bervariasi terhadap peningkatan hasil belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran fiqih di MTs Dakwah Islamiyah Putri Nurul Hakim Kediri Tahun Pelajaran 2017/ 2018. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Mataram.

[img]
Preview
Text
Usratul Saidah151141117.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview

Abstract

INDONESIA Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan metode bervariasi terhadap peningkatan hasil belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran Fiqih di MTs Dakwah Islamiyah Putri Nurul Hakim Kediri Tahun Pelajaran 2017/2018. Metode penelitian yang digunakan adalah Angket, Observasi dan Dokumentasi. Peneliti menggunakan penelitian sampel karena jumlah siswanya berjumlah 213 orang. Analisis dalam penelitian ini yaitu analisis regresi linier sederhana dan analisis koefisien korelasi product moment. Dari analisis regresi linier sederhana dilanjutkan dengan melakukan uji keberartian yaitu Fhitung > F tabel (14,035 > 4,30), kemudian melakukan uji linieritas, diperoleh angket penerapan metode berpariasi dan hasil rata-rata tes formatif siswa menunjukkan data linier yaitu F hitung < F tabel (0,453 < 4,32) dengan taraf signifikasi 5%. Dan analisis koefisien korelasi product moment diketahui nilai r hitung adalah 0,623, sedangkan nilai r tabel untuk taraf signifikasi 5% dan N = 24 ˗ 2 = 22 adalah 0,423 ini dikatagorikan cukup kuat. Sehingga Ho ditolak. Hal ini menunjukkan bahwa ada pengaruh penerapan metode bervariasi terhadap peningkatan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Metode belajar; Metode bervariasi; MTs Dakwah Islamiyah
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Yunita Lestari S.Adm
Date Deposited: 20 Feb 2020 07:38
Last Modified: 20 Feb 2020 07:38
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/1208

Actions (login required)

View Item View Item