Ermawati, Ermawati (2019) Pengaruh pembelajaran Times Games Tournament (TGT) berbantuan media kartu soal terhadap motivasi dan hasil belajar biologi siswa kelas XI MA Hikmatusysyarief Selat Narmada. Undergraduate thesis, UIN Mataram.

[img] Text
ermawati 1501040442.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

INDONESIA Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk melihat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe times games tournament(TGT) berbantuan media kartu soal terhadap motivasi dan hasil belajar biologi siswa kelas XI pada materi sistem gerak. Tempat dilakukannya penelitian yaitu di MA HikmatusysyariefSelat Narmada Lombok Barat. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan desain Nonequivalent control group design, dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengambilan sampel yaitu Probability sampling jenis simple random sampling karena pengambilan anggota sampel dilakukan secara acak tanpa. Terdapat 35 sampel pada penelitian ini yangterdiri dari 20 orang siswa kelas ekperimen dan 15 orang siswa dikelas kontrol. Jenis Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah instrumen angaket untuk mengukur motivasi belajar siswa dan instrumen tes objektif berupa yang soal pilihan ganda untuk mengukur hasil belajar. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe times games tournament (TGT) berbantuan media kartu soal memiliki pengaruh yang signifikan. Pengujian hipotesisi dilakukan dengan menggunakan analisis kovariat (ANCOVA) dengan berbantuan SPSS reales 22. Berdasarkan data yang diperoleh pada motivasi belajar siswa rata-rata pada kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol lebih yaitu pada kelas eksperimen 83,80 dengan kategori sangat baik dan kelas kontrol 78,93 dengan kategori baik. Selain itu untuk hasil belajar pada kelas eksperimen dan kelas kontrol memiliki nilai rata-rata yang tidak berbeda jauh pada saat pretest atau sebelum diberikannya perlakuan yaitu kelas eksperimen memiliki nilai ratarata 49,25 sedangkan kelas kontrol memiliki nilai rata-rata 48,67, setelah diberikannya perlakuan nilai rata-rata pada kelas eksperimen jauh lebih baik dibandingkan dengan kelas kontrol nilai rata-rata pada kelas eksperimen yaitu 74 sedangkan pada kelas kontrol memiliki nilai rata-rata 68. Data tersebut menunjukkan bahwa model pembelajaran times games tournament dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: metode belajar; media belajar; motivasi belajar
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: Yunita Lestari S.Adm, M.Sos
Date Deposited: 30 Aug 2021 03:04
Last Modified: 30 Aug 2021 03:04
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/1207

Actions (login required)

View Item View Item