Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe student teams achievement division (STAD) dalam peningkatan hasil belajar fiqih pada siswa kelas X Madrasah Aliyah Al-Barokah Mataram Tahun Pelajaran 2016/2017

Suriani, Titin (2017) Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe student teams achievement division (STAD) dalam peningkatan hasil belajar fiqih pada siswa kelas X Madrasah Aliyah Al-Barokah Mataram Tahun Pelajaran 2016/2017. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Mataram.

[img]
Preview
Text
Titin Suriani151131043.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Preview

Abstract

INDONESIA Penelitian ini dilatar belakangi oleh metode pembelajaran yang kerap digunakan oleh guru adalah metode ceramah, dimana dalam metode ceramah hanya guru yang berperan aktif dan peserta didik kurang berpartisipasi dalam proses belajar. Hal ini menyebabkan siswa cenderung kurang aktif dalam proses pembelajaran, siswanya masih kurang dalam minat, antusias dan motivasi dalam proses belajar mengajar. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus pada siklus I dilakukan 2 pertemuan sedangkan pada siklus II dilakukan 1 pertemuan. Masing-masing siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Penelitian ini dikatakan berhasil karena sudah melebihi ketentuan KKM. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penerapan model pembelajara kooperatif tipe student teams achievement division (STAD) dapat menieningkatkan hasil belajar fiqih pada siswa kelas X madrasahaliyah Al-barokah Mataram. pada siklus I, nilai rata-rata hasil evaluasi yang diperoleh siswa yaitu, 62,05% dengan ketuntasan klasikal 64,70%. Tetapi belum mencapai indikator keberhasilan yang ditetapkan karena ketuntasan klasikal masih di bawah 85% dan masih kurang dari target KKM, oleh sebab itu penelitian dilanjutkan ke sikus II.Sedangkan pada siklus II rata-rata skor yang diperoleh siswa adalah 81,31 dengan ketuntasan klasikal 89,47% dan telah mencapai indikator yang ditetapkan maka dari itu tidak perlu dilanjutkn ke siklus III.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Model blajar; Media belajar; Madrasah Aliyah Al-Barokah
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Yunita Lestari S.Adm
Date Deposited: 18 Dec 2018 03:08
Last Modified: 18 Dec 2018 03:08
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/1206

Actions (login required)

View Item View Item