Peran guru aqidah akhlak dalam membina akhlak peserta didik kelas XI Madrasah Aliyah Darul Qur’an Bengkel Kecamatan Labuapi Tahun Pelajaran 2016/2017

Taufikurrahman, Taufikurrahman (2017) Peran guru aqidah akhlak dalam membina akhlak peserta didik kelas XI Madrasah Aliyah Darul Qur’an Bengkel Kecamatan Labuapi Tahun Pelajaran 2016/2017. Diploma thesis, Universitas Islam Negeri Mataram.

[img]
Preview
Text
Taufikurrahman151131021.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB) | Preview

Abstract

INDONESIA Seorang guru memiliki kewajiban mengajar juga memiliki kewajiban untuk menjalankan perannya sebagai pendidik yang mengutamakan pembentukan dan pembinaan bidang afektif atau sikap dan perilaku peserta didik, lebih-lebih guru Aqidah Akhlak merupakan ujung tombak dalam upaya membina Akhlak peserta didik di sekolah karena pada unsur ini merupakan masa fundamental yang harus diberi landasan nilai Akhlak. Dalam membina Akhlak peserta didik tidak jarang terjadi hambatan-hambatan sehingga peran guru agama Islam khususnya guru Aqidah Akhlak kurang berhasil, sehingga rumusan masalah peneliti ajukan adalah bagaimanakah pearan guru Aqidah Akhlak dalam membina Akhlak peserta didik kelas XI Madrasah Aliyah Darul Qur’an Bengkel, dan apa saja kendala-kendala yang dihadapi guru Aqidah Akhlak dalam membina Akhlak peserta didik kelas XI Madrasah Aliyah Darul Qur’an Bengkel. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah. Interview, observasi, dokumentasi. Penelitian ini dilaksanakan di kelas XI Madrasah Aliyah Darul Qur’an Bengkel Kecamatan Labuapi Tahun Pelajaran 2016/2017. Dalam penelitian ini diambil dari kelas XI sebanyak empat kelas yang berjumlah 75 peserta didik kelas A, kelas B, kelas C dan kelas D. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Adapun tujuan dari penlitian ini yaitu untuk mengetahui peran guru Aqidah Akhlak dalam membina Akhlak peserta didik dan untuk mengetahui kendala-kndala yang di hadapi guru Aqidah Alkhlak dalam membina Akhlak peserta didik kelas XI Madrasah Aliyah Darul Qur’an Bengkel kecamatan Labuapi Tahun Pelajaran 2016/2017. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa “guru Aqidah Akhlak menjalankan tugas sesuai dengan kurikulum yang berlaku dan kurang berhasilnya pembinaan Akhlak yang dilakukan oleh guru Aqidah Akhlak disebabkanoleh beberapa faktor yaitu lingkungan luar dan kurang perhatiannya orang tua”. Saran dalam penelelitian ini adalah guru Aqidah Akhlak dan lingkungan sekolah meningkatkan kegiatan-kegiatan yang dapat membina dan meningkatkan Akhlak peserta didik, dan pihak orang tua perlu meningkatkan perhatian dan pengawasan terhadap anaknya agar tidak rusak oleh lingkungan luar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Guru; Aqidah akhlak; Madrasah Aliyah Darul Qur’an Bengkel
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Yunita Lestari S.Adm
Date Deposited: 18 Dec 2018 02:27
Last Modified: 18 Dec 2018 02:27
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/1205

Actions (login required)

View Item View Item