Penerapan metode demonstrasi untuk meningkatkan prestasi belajar siswa pada pembelajaran fiqh pokok bahasan taharah dan sholat fardu kelas VII MTs NW 02 pondok pesantren Darul Kamal Nw Kembang Kerang Kecamatan Aikmel Kabupaten Lombok Timur Tahun Pelajaran 2014/2015

Rizal, Syukrir (2015) Penerapan metode demonstrasi untuk meningkatkan prestasi belajar siswa pada pembelajaran fiqh pokok bahasan taharah dan sholat fardu kelas VII MTs NW 02 pondok pesantren Darul Kamal Nw Kembang Kerang Kecamatan Aikmel Kabupaten Lombok Timur Tahun Pelajaran 2014/2015. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Mataram.

[img]
Preview
Text
Syukrir Rizal151101196.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

INDONESIA Permasalahan yang melatar belakangi dilaksanakannya penelitian ini adalah rendahnya hasil evaluasi siswa sehingga menyebabkan prestasi belajar siswa masih rendah dan kurangnya minat belajar siswa pada pelajaran fiqh kelas VII MTs NW 02 Kembang Kerang Tahun Pelajaran 2014/2015 yang disebabkan kurangnya kreatifitas guru dalam menggunakan metode untuk diterapkan dalam proses pembelajaran sehingga peneliti perlu melakukan alternative dalam memecahkan suatu masalah tersebut melalui penerapan metode demonstrasi dalam proses belajar mengajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah dengan menerapkan metode demonstrasi dapat meningkatkan prestasi belajar siswa dan dapat meningkatkan kreatifitas guru dalam mengajar pada pembelajaran fiqh pada siswa kelas VII MTs NW 02 Kembang Kerang Tahun Pelajaran 2014/2015. Adapun Penelitian tindakan Kelas ini yang menjadi subyek penelitiannya adalah seluruh siswa kelas VII MTs NW Kembang Kerang sebanyak 17 orang siswa dan guru bidang studi fiqh yang menjadi factor pendukung dari keberhasilan siswa dalam pembelajaran. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah pedoman observasi kegiatan belajar siswa dan pemberian soal evaluasi kepada siswa berupa soal pilihan ganda. Dari hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa peningkatan prestasi belajar pada bidang studi fiqh pokok bahasan Thiharah dan Sholat Fardu Kelas VII MTs NW 02 kembang Kerang thun Pelajaran 20114/2015. Hal tersebut terlihat dari peningkatan prestasi belajar siswa pada siklus I dengan nilai rata-rata sebesar 67,64, dan ketuntasan klasikal 58,82 %. Sedangkan skor aktivitas siswa sebesar 17,11 dan aktivitas guru sebesar 5,45 . Dan pada siklus ke II nilai rata-rata siswa mengalami kenaikan sebesar 80,58 dan ketuntasan klasikal sebesar 94,11%. Sedangkan skor aktivitas siswa 21,47 dan aktivitas guru sebesar 8,18.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Metode belajar; Metode demonstrasi; Prestasi belajar
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130109 Pesantren (Islamic boarding school)
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Yunita Lestari S.Adm
Date Deposited: 18 Dec 2018 02:18
Last Modified: 18 Dec 2018 02:18
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/1204

Actions (login required)

View Item View Item