Upaya guru fiqih dalam mengatasi kenakalan siswa di MA Nurul Iman Kelurahan Pagutan Presak Timur Mataram Tahun Pelajaran 2016/2017

Widiyati, Sri (2017) Upaya guru fiqih dalam mengatasi kenakalan siswa di MA Nurul Iman Kelurahan Pagutan Presak Timur Mataram Tahun Pelajaran 2016/2017. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Mataram.

[img]
Preview
Text
Sri Widiyati151121051.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (967kB) | Preview

Abstract

INDONESIA Siswa adalah harapan dan tiang keberhasilan suatu bangsa yang akan menjadi generasi penerus orang tua, namun dimana siswa mengalami masa transisi peralihan dari masa kanak-kanak menuju masa dewasa, yang memiliki kepribadian yang masih labil dan harus dibina dengan sungguh –sungguh supaya menjadi generasi yang bertanggung jawab, bermoral, dan kreaktif. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif yaitu mendeskripsikan fenomena-fenomena yang ada melalui pendekatan ilmiah. Kehadiran peneliti sebagai observer dalam kehidupan. Subyek selama waktu penelitian yang sudah ditetapkan sekaligus sebagai peneliti utama dalam penelitian ini, adapun teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti dengan menggunakan metode observasi , wawancara dan dokumentasi. Teknik dengan analisis data yang digunakan peneliti dalam penelitian ini mencakup reduction ( reduksi data ) data display ((penyajian data), dan penarika kesimpulan. Dalam penelitian ini (pengecekan keabsahan data dilakukan dengan menggunakan tringulasi dengan sumber. Berdasarkan hasil penelitian dalam upaya guru fiqih dalam mengatasi kenakala siswa di MA Nurul Iman dengan cara membimbing, mengajar, mendidik, dan member perhatian kepada siswa yang berbuat kenakalan. Dan faktor penyebab terjadinya kenakalan yaitu faktor lingkungan sekolah, keluarga, serta masyarakat.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Guru; Kenakalan siswa; MA Nurul Iman
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170111 Psychology of Religion
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Yunita Lestari S.Adm
Date Deposited: 17 Dec 2018 05:25
Last Modified: 17 Dec 2018 05:25
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/1196

Actions (login required)

View Item View Item