Hubungan penguasaan materi aqidah akhlak di madrasah dengan perilaku beragama siswa kelas XI MA Ishlahil Athfal Rumak Lombok Barat Tahun Pelajaran 2016/2017

Jayadi, Sofyan (2017) Hubungan penguasaan materi aqidah akhlak di madrasah dengan perilaku beragama siswa kelas XI MA Ishlahil Athfal Rumak Lombok Barat Tahun Pelajaran 2016/2017. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Mataram.

[img]
Preview
Text
Sofyan jayadi151131102.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview

Abstract

INDONESIA Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada hubungan antara penguasaan materi Aqidah Akhlak terhadap perilaku beragama siswa kelas XI MA Ishlahil Athfal Rumak Kediri Loombok Barat. Penelitian ini menggambil populasi dari semua siswa kelas XI MA Ishlahil Athfal Rumak yang berjumlah 40 siswa. Adapun penelitian ini sesuai dengan judul di atas merupakan penelitian kuantitatif yang menggunakan dua metode pengumpulan data yaitu metode tes dan metode angket sebagai metode pokok penelitian. Metode tes digunakan untuk mengetahui penguasaan materi Aqidah Akhlak sebagai Variabel X dan metode angket berfungsi untuk mengumpulkan data tentang perilaku beragama siswa sebagai Variabel Y. Data yang diperoleh dari tes dan angket kemudian dianalisis dengan menggunakan teknik analisis data korelasi product moment. rxy = NΣxy − (Σx)(Σy) ⦃NΣx − (Σx) ⦄⦃NΣy − (Σy) ⦄ Dari pengolahan data dan analisis data, terdapat hubungan penguasaan materi Aqidah Akhlak di Madrasah terhadap perilaku bergama siswa kelas XI MA Ishlahil Atfhal Rumak Lombok Barat Tahun Pelajaran 2016/2017 karena karena rhit > rtab (0,442 > 0,320). Hal ini membuktikan adanya hubungan yang positif dan signifikan antara penguasaan materi Aqidah Akhlak Siswa dan perilaku beragama siswa. Dengan demikian hipotesis diterima.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Hasil belajar; Prilaku siswa; MA Ishlahil Athfal
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170111 Psychology of Religion
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Yunita Lestari S.Adm
Date Deposited: 17 Dec 2018 05:13
Last Modified: 17 Dec 2018 05:13
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/1195

Actions (login required)

View Item View Item