Peran Guru Akidah Akhlak Dalam Menanamkan Nilai Karakter Siswa Pada Pembelajaran Akidah Akhlak Kelas VIIIdi MTs Ittihadil Ummah Karang Anyar Tahun Pelajaran 2016/2017

Junaidin, Sirajudin (2017) Peran Guru Akidah Akhlak Dalam Menanamkan Nilai Karakter Siswa Pada Pembelajaran Akidah Akhlak Kelas VIIIdi MTs Ittihadil Ummah Karang Anyar Tahun Pelajaran 2016/2017. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Mataram.

[img]
Preview
Text
Sirajudin Junaidin151131036.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview

Abstract

INDONESIA Penelitian ini difokuskan kajian terhadap Pendidikan Karakter di madrasahnya. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian Kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di MTs Ittihadil Ummah Karang Anyar. Adapun metode pengumpulan data yang dilakukan adalah metode observasi, metode wawancara dan metode dokumentasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Peran Guru Akidah akhlak Dalam Menanamkan Nilai Karakter Siswa pada Pembelajaran Akidah Akhlak Kelas VIII di MTs Ittihadil Ummah Karang Anyar Tahun Pelajaran 2016/2017. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran yang dilakukan oleh guru akidah akhlak adalah sebagai pendidik, pembimbing, dan peneladanan. Sebagai pendidik yaitu mengajarkan dan meneruskan nilai-nilai yang sejenis yang belum diketahui oleh siswa. Pelatih yaitu memberikan pelatihan kepada peserta didik untuk mengembangkan ketrampilannya. Membimbing yaitu memberikan bimbingan kepada peserta didik dalam menemukan berbagai potensi dan minat peserta didik. Peneladanan yakni guru sebagai model atau contoh teladan yang baik yang sesuai dengan nilai dan norma.. Kemudian model pembelajaran yang diterapkan adalah model interaksi social, dan model perubahan perilaku (behavioristik). Model pembelajaran interaksi social yaitu menjalin hubungan yang harmonisantar guru dengan siswa baik didalam menjalankan proses pembelajaran maupun diluar proses pembelajaran. Model perubahan perilaku (behaviour) yaitu guru mengembangkan system yang efisien untuk mengurutkan tugas-tugas belajar dan membentuk tingkahlaku siswa melalui penguatan nilai-nilai.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Guru; Pendidikan karakter; Psikologi Anak
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170111 Psychology of Religion
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Yunita Lestari S.Adm
Date Deposited: 17 Dec 2018 02:15
Last Modified: 17 Dec 2018 02:15
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/1192

Actions (login required)

View Item View Item