Perbedaan hasil belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran al-qur’an hadits sebelum dan sesudah menerapkan metode pembelajaran index card match di MTs Himmatul Ummah Sapugara Bree kec. Brang rea kab. Sumbawa barat tahun ajaran 2016/2017

Karmila, Nila (2017) Perbedaan hasil belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran al-qur’an hadits sebelum dan sesudah menerapkan metode pembelajaran index card match di MTs Himmatul Ummah Sapugara Bree kec. Brang rea kab. Sumbawa barat tahun ajaran 2016/2017. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Mataram.

[img]
Preview
Text
Nila Karmila 151131124.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Preview

Abstract

INDONESIA Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan hasil belajar siswa Kelas VIII pada mata pelajaran al-Qur‟an Hadits sebelum dan sesudah menerapkan metode pembelajaran index card match di MTs Himmatul Ummah Sapugara Bree Kec. Brang Rea Kab. Sumbawa Barat tahun ajaran 2016/2017. Penelitian ini menggunaan pendekatan kuantitatif dengan analisis kompar-asi. Instrumen yang digunakan untuk mendapatkan hasil belajar siswa adalah in-strumen tes sebelum penerapan metode pembelajaran index card match dan dengan instrumen kartu yang berisi pertanyaan dan jawaban yang dilakukan dengan cara pasang-pasangan pada penerapan metode pembelajaran index card match. Untuk pengolahan data menggunakan analisis komparasi, pengujian hipotesis dengan rumus t-tes pada komparatif dua sampel berkorelasi yang datan-ya berbentuk interval atau ratio. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 2 kelas yang berjumlah 45 orang siswa. Teknik sampling menggunakan purposive sam-pling, sehingga ditetapkan samplingnya adalah kelas VIII A dengan jumlah 22 orang siswa berdasarkan pertimbangan observasi awal kelas VIII A lebih aktif da-ripada kelas VIII B dan juga pertimbangan waktu pelaksanaan pembelajaran yang ada di kelas VII A. Hasil analisis data menunjukkan bahwa nilai rata-rata hasil belajar siswa sebelum penerapan metode pembelajaran index card match adalah 80,27 dan nilai rata-rata hasil belajar siswa setelah penerapan metode pembelajaran index card match adalah 84,36. Hasil uji hipotesis dengan menggunakan uji-t diperoleh thitung 4,272 lebih besar dari ttabel 2,019 pada taraf kesalahan 5% dk= 42, maka Ha diterima. Sehingga dapat dikatakan terdapat perbedaan hasil belajar siswa Kelas VIII pada mata pelajaran al-Qur‟an Hadits sebelum dan sesudah menerapkan metode pembelajaran index card match di MTs Himmatul Ummah Sapugara Bree Kec. Brang Rea Kab. Sumbawa Barat tahun ajaran 2016/2017.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Metode belajar; Metode index card match ; MTs Himmatul Ummah Sapugara Bree
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Yunita Lestari S.Adm
Date Deposited: 17 Dec 2018 02:02
Last Modified: 17 Dec 2018 02:02
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/1191

Actions (login required)

View Item View Item