Penerapan metode cerita dan nasehat dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama islam di kelas IV SDN 3 Bayumulek Tahun Pelajaran 2016/2017

Rauhun, Siti (2017) Penerapan metode cerita dan nasehat dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama islam di kelas IV SDN 3 Bayumulek Tahun Pelajaran 2016/2017. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Mataram.

[img]
Preview
Text
Siti Rauhun 15113121029.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (4MB) | Preview

Abstract

INDONESIA Pendidikan Agama Islam merupakan upaya atau usaha sadar yang dilakukan secara sadar dan terencana dalam menyiapkan siswa untuk mengenal, memahami, menghayati hingga mengimani ajaran agama Islam. dalam proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam di kelas IV SDN 3 Banyumulek, menunjukkan bahwa interaksi pembelajaran dalam kelas relatif masih rendah dan berlangsung satu arah. Hal ini dapat dilihat dari sedikitnya siswa yang mendengarkan penjelasan guru, bahkan ada siswa yang diam saja dan ada juga yang bermain-main sendiri saat guru sedang menerangkan pelajaran. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah. Apakah metode cerita dan nasehat dapat meningkatkan aktivitas, semangat, motivasi dan hasil belajar siswa kelas IV SDN 3 Banyumulek pada mata pelajaran pendidikan Agama Islam tahun ajaran 2016/2017. Proses pembelajaran khususnya mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dibutuhkan adanya metode yang tepat. Salah satunya dengan menggunakan Metode Cerita dan Nasehat, karena dua metode ini dapat membantu dalam proses pembelajaran serta mampu mengarahkan siswa agar dapat mencapai tujuan pendidikan yang dicita-citakan. Adapun kegiatan bercerita atau dongeng merupakan salah satu cara yang ditempuh untuk memberikan pengalaman belajar agar siswa memperoleh penguasaan isi cerita yang disampaikan lebih baik. Hal yang perlu diperhatikan dalam lembaga pendidikan formal, adalah mengadakan perelevansian terhadap komponen-kompenen pembelajaran, yakni materi, metode, dan evaluasi pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa mengalami peningkatan setelah dilakukan tindakan pembelajaran dengan metode cerita dan nasehat siklus I hingga siklus II. Berdasarkan hasil analisis dapat dikemukakan sebagai berikut. Siklus I, siswa hanya mampu mencapai nilai rat-rata 69,47 dengan persentase ketuntasan klasikal sebesar 57,47% dari keseluruhan siswa. Dan pada siklus II hasil belajar rata-rata siswa 75.52 dengan persentase ketuntasan klasikal sebesar 89,47%. Hal ini berarti ketuntasan belajar siswa secara klasikal menigkat 31,58% dari siklus I, dan meningkat 42,86 % dibanding nilai hasil ulangan harian pra siklus.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Metode belajar; Metode cerita; SDN 3 Bayumulek
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Yunita Lestari S.Adm
Date Deposited: 14 Dec 2018 01:50
Last Modified: 14 Dec 2018 01:50
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/1189

Actions (login required)

View Item View Item