Metode guru akidah akhlak dalam membina akhlaqul karimah siswa kelas VIII MTs. Putri Al-Islahuddiny Kediri Lombok Barat Tahun Pelajaran 2016/2017

Kudsiah, Siti Raehatun (2017) Metode guru akidah akhlak dalam membina akhlaqul karimah siswa kelas VIII MTs. Putri Al-Islahuddiny Kediri Lombok Barat Tahun Pelajaran 2016/2017. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Mataram.

[img]
Preview
Text
Siti Raehatun Kudsiah 151131203.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Preview

Abstract

INDONESIA Berdasarkan hasil observasi awal yang dilakukan penelitidi Madrasah Tsanawiyah Islahuddiny Kediri Lombok Barat di kelas VIII Senin, tanggal 6 Februari 2017. Adapun materi yang diajarkan tentang akhlak tercela (ananiah, putus asa,ghadab dan tamak), dari jumlah 30siswa terdapat beberapa orang siswa yang berperilaku tidak sopan diantaranya Windi, Vivi,dan Wulan. Ini ditunjukkan dari perilaku mereka ketika dalam proses belajar mengajar tidak main-main ketika guru menjelaskan, tidak terpengaruh dengan lingkungan belajar yang negatif oleh teman yang lain. Adapun fokus penelitian berdasarkan latar belakang yaitu apakah metode guru akidah akhlak dalam membina akhlaqul karimah siswa kelas VIII MTs. Putri Al-Islahuddiny Kediri Lombok Barat Tahun Pelajaran 2016/2017 dan apakah hambatan-hambatan dan solusi yang dilakukan oleh Guru Akidah Akhlak dalam Membina Akhlaqul Karimah Siswa kelas VIII MTs. Putri Al-Islahuddiny Kediri Lombok Barat Tahun Pelajaran 2016/2017 Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif ( deskriptif ). Data dalam penelitian ini diperoleh dengan menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Sumber data diperoleh dari kepala sekolah, guru akidah akhlak dan siswa. instrumen utama dalam penelitian ini adalah peneliti sendiri dan instrumen bantu meliputi panduan observasi, panduan wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode guru akidah akhlak dalam membina akhlaqul karimah siswa yaitu melalui metode keteladanan, nasehat dan pembiasaan. Hambatannya yaitukurangnya jumlah guru , Siswa sering melanggar peraturan Madrasah. Sedangkan solusinya yaitumemperhatikan semua keadaan siswanya, guru memberikan peringatan dan hukuman.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Metode belajar; Guru; Akhlak
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Yunita Lestari S.Adm
Date Deposited: 14 Dec 2018 01:01
Last Modified: 14 Dec 2018 01:01
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/1188

Actions (login required)

View Item View Item