Penerapan metode demonstrasi untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran fiqih kelas VII MTs Darul Qur’an Bengkel Tahun Pelajaran 2017/2018

Hartati, Selfia Dewi (2017) Penerapan metode demonstrasi untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran fiqih kelas VII MTs Darul Qur’an Bengkel Tahun Pelajaran 2017/2018. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Mataram.

[img]
Preview
Text
Selfia Dewi Hartati151131100.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Preview

Abstract

INDONESIA Penelitian ini betujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui penerapan metode demonstrasi pada mata pelajaran fikih kelas VII di MTs DarulQur‟an Bengkel Tahun pelajaran 2017/2018 Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK),Penelitian ini dilakukan secara kolaboratif antara guru dan observer. Penelitian ini meliputi empat tahap yaitu, perencanaan, Pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Jenis instrumen yang digunakan untuk pengumpulan data yang digunakan adalah Tes hasil belajar siswa dan lembar pedoman observasi guru dan siswa. Data yang diperoleh dianalisis secara Kuantitaif untuk menentukan ketuntasan individual dan ketuntasan klasikal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode demonstrasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa , ini bisa dilihat dari perolehan siwa pada siklus I persentasi ketuntasan klasikal 47,61% . Hasiltersebut menunjukkan bahwa pada siklus I secara klasikal peserta didik belum tuntas sebab peserta didik yang memperoleh nilai ≥75 lebih kecil dari persentase ketuntasan klasikal yang dikehendaki yaitu 85%. Sementara untuk perolehan hasil observasi aktivitas guru pada siklus I diperoleh persentase keterlaksanaannya 70% dan persentase aktivitas belajar siswa mencapai 62.58%. Pada siklus II diperoleh data ketuntasan klasikal sebesar 86,36% . Hasil siklus pada siklus II tersebut menunjukkan secara klasikal peserta didik sudah tuntas, sebab peserta didik yang memperoleh nilai ≤75 lebih besar dari ketuntasan klasikal yang dikehendaki yaitu 85% dan untuk persentase aktivitas guru mencapai 85% dan persentase aktivitas belaajar siswa mencapai 78,12%. Berdasarkan hasil penelitian diatas dapat disimpulkan bahwa penerapan metode demonstrasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada matapelajaran fikih kelas VII di MTs Darul Qur‟an Bengkel Tahun Pelajaran 2017/2018.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Metode demonstrasi; Metode Demonstrasi; MTs Darul Qur’an Bengkel
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Yunita Lestari S.Adm
Date Deposited: 13 Dec 2018 03:58
Last Modified: 13 Dec 2018 03:58
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/1184

Actions (login required)

View Item View Item