Problematika pembelajaran al-qur’an dan hadis pada siswa kelas XII MA Darussalam Bermi Tahun Pelajaran 2016/2017

Ruka’yah, Ruka’yah (2016) Problematika pembelajaran al-qur’an dan hadis pada siswa kelas XII MA Darussalam Bermi Tahun Pelajaran 2016/2017. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Mataram.

[img]
Preview
Text
Ruka’yah151121203.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (745kB) | Preview

Abstract

INDONESIA MA Darussalam merupakan madrasah yang berusaha memberikan pembelajaran yang maksimal kepada peserta didiknya dengan berusaha melengkapi segala aspek kekurangan dalam proses pembelajaran. membentuk siswa yang berakarakter kuat merupakan tujuan dari setiap lembaga pendidikan namun hal itu tidak akan terlepas dari kendala atau permasalahan yang dihadapioleh setiap lembaga pendidikan. Problematika pembelajaran yang dihadipi oleh setiap sekolah termasuk MA Darussalam memberikan dampak yang dapat mempengaruhi hasil dari proses pembelajaran. Salah satu permasalahan pembelajaran yang dihadapi oleh MA Darussalam adalah pembelajaran al- Qur’aan dan Hadis. Permaslahan dalam hal ini meliputi dari ranah siswa, guru dan lingkungan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pokok problematika pembelajaran al-Qur’an dan Hadis di MA Darussalam pada kelas XII tahun pelajaran 2016/2017. Adapun metode yang digunakan dalam mengumpulkan data adalah metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Dengan ketiga metode pengumpulan data tersebut dapat diperoleh data mengenai problematika pembelajaran al-Qur’an dan hadis pada kelas XII MA Darussalam tahun pelajaran 2016/2017. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa problematika pembelajaran al-Qur’an dan Hadis di MA Darussalam pada kelas XII tahun pepelajaran 2016/2017 disebabbkan dari dimensi guru, dimensi siswa dan lingkungan sehingga dapat mempengaruhi hasil dari tujuan pemebelajaran yang ini dituju.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Metode belajar; Problem belajar; MA Darussalam
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Yunita Lestari S.Adm
Date Deposited: 13 Dec 2018 03:24
Last Modified: 13 Dec 2018 03:24
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/1182

Actions (login required)

View Item View Item