Pengaruh metode diskusi terhadap peningkatan motivasi belajar siswa kelas VII pada mata pelajaran sejarah kebudayaan islam di SMP Islam Ihya’ulumuddin Kediri Tahun Pelajaran 2016/2017

Apriyani, Rosi (2017) Pengaruh metode diskusi terhadap peningkatan motivasi belajar siswa kelas VII pada mata pelajaran sejarah kebudayaan islam di SMP Islam Ihya’ulumuddin Kediri Tahun Pelajaran 2016/2017. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Mataram.

[img]
Preview
Text
Rosi Apriyani 151131164.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB) | Preview

Abstract

INDONESIA Di dalam belajar siswa memiliki metode belajar yang bervariasi. Oleh karena itu guru penting untuk memahami metode belajar mereka. Hasil observasi yang dilakukan peneliti pada siswa kelas VII di SMP Islam Ihya’ulumuddin yaitu guru sedikit sekali kontak dengan anak didik secara individual. Oleh karena itu, penerapan metode diskusi merupakan metode alternatif untuk lebih memotivasi keaktifan belajar siswa. Sehingga proses belajar mengajar dapat aktif, kreatif dan menyenangkan. Rumusan masalah yang diajukan yaitu ”Apakah ada Pengaruh Metode Diskusi Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas VII Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di SMP Islam Ihya’ulumuddin Kediri Tahun Pelajaran 2016/2017.” Terkait dengan metode penelitian, peneliti menggunakan pendekatan kuantitatif. Untuk populasi peneliti menggunakan purposive sampling (sample bertujuan), karena peneliti hanya mengambil siswa yang mampu menggunakan metode diskusi dan yang memiliki motivasi belajar. Kemudian untuk instrumen penelitian peneliti menggunakan angket untuk metode diskusi dan motivasi belajar. Selanjutnya, untuk pengumpulan data peneliti menggunakan angket dan dokumentasi. Untuk analisis data, peneliti menggunaan statistika deskriptif yaitu mean, median, modus, dan standar deviasi. Uji prasyarat menggunakan uji normalitas data. Terakhir uji hipotesis menggunakan rumus korelasi product moment. Hasil penelitian menunjukkan sebagai berikut: untuk metode diskusi didapatkan rata-rata sebesar 32,7, median 36, modus 28 dan standar deviasi - 5,775. untuk motivasi belajar SKI didapatkan rata-rata sebesar 36,3, median 33, modus 32, dan standar deviasi 7,441. selanjutnya untuk uji normalitas data, untuk metode diskusi didapatkan nilai χ2 hitung (-21,54) < χ2 tabel (5,99), sehingga data untuk metode diskusi teridentifikasi bersifat normal. Untuk motivasi belajar SKI didapatkan nilai χ2 hitung (-29,2) < χ2 tabel(5,99), sehingga data untuk motivasi belajar teridentifikasi bersifat normal. Terakhir uji hipotesis didapatkan nilai rhitung sebesar -1,245 dan rtabel sebesar 0,444 dengan keputusan rhitung < rtabel yang berarti bahwa Ha ditolak dan Ho diterima. Itu berarti tidak terdapat pengaruh yang positif antara metode diskusi dengan motivasi belajar siswa kelas VII pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Di SMP Islam Ihya’ulumuddin Kediri Tahun Pelajaran 2016/2017.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Metode belajar; Metode diskusi; Motivasi
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Yunita Lestari S.Adm
Date Deposited: 13 Dec 2018 02:17
Last Modified: 13 Dec 2018 02:17
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/1181

Actions (login required)

View Item View Item