Pembinaan kepribadian siswa melalui kegiatan IMTAQ di MTs. Negeri 3 Mataram Tahun Pelajaran 2017/2018

Adawiyah, Robiatul (2017) Pembinaan kepribadian siswa melalui kegiatan IMTAQ di MTs. Negeri 3 Mataram Tahun Pelajaran 2017/2018. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Mataram.

[img]
Preview
Text
Robiatul Adawiyah 151121201.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Preview

Abstract

INDONESIA Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pelaksanaan kegiatan imtaq di MTs. N 3 Mataram. Dan untuk mengetahuibentuk pembinaan kepribadian siswa melalui kegiatan imtaq di MTs. N 3 Mataram Tahun pelajaran 2017/2018. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif yaitu, prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang dapat diamati. Data yang diperoleh dalam pendekatan ini adalah hasil dari wawancara, dokumentasi dan observasi Temuan dalam penelitian ini menunjukkan bahwa kegiatan imtaq ini sangat berperan penting dalam pembinaan kepribadian siswa dan kegiatan ini juga dapat menunjang proses belajar mengajar dalam kelas. Adapun peran pelaksanaan kegiatan imtaq dalam membentuk kepribadian siswa yaitu membiasakan siswa ataupun siswi melakukan semua nilai-nilai yang terkandung dalam semua bentuk kegiataan imtaq seperti nilai-nilai sopan santun, kemandirian, bertanggung jawab dan punya rasa peduli terhadap sesama itulah bentuk dari pembinaan kepribadian siswa melalui kegiatan imtaq yang terlihat pada siswa dan siswi di MTs. Negeri 3 Mataram. dalam mengikuti kegiatan imtaqdi MTs. Negeri 3 Mataram sudah cukup baik dilihat dari antusiasnya dalam mengikuti pelaksanaan kegiatan imtaq tapi sedikitnya siswa yang belum berminat dalam mengikuti kegiatan imtaq. Ini menunjukkan bahwa persentase antara siswa yang berminat dengan yang tidak ada sekitar 70% yang berminat sedangkan 30% tidak berminat dalam mengikuti pelaksanaan kegiatan imtaq.Adapun bentuk kegiatan imtaq ini berupa membaca do’a asmaulhuna untuk mengawali pelajaran, shlat dhuha dan dzuhur serta tadarus Al Qur’an, membaca yasin, ceramah, dzikir dan do’a, amal jum’at, program tersebut diadakan bertujuan untuk membentuk manusia yang berakhlak mulia dan memiliki kepribadian yang kuat, mandiri dan religius.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Metode belajar; Psikologi anak; MTs. Negeri 3 Mataram
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170111 Psychology of Religion
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Yunita Lestari S.Adm
Date Deposited: 13 Dec 2018 02:09
Last Modified: 13 Dec 2018 02:09
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/1180

Actions (login required)

View Item View Item