Efektivitas model pembelajaran contextual teaching and learning (CTL) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran aqidah akhlak kelas VIII MTS Alazimiyah Puyahan Tahun Pelajaran 2017/2018

Riyandi, Riyandi (2017) Efektivitas model pembelajaran contextual teaching and learning (CTL) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran aqidah akhlak kelas VIII MTS Alazimiyah Puyahan Tahun Pelajaran 2017/2018. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Mataram.

[img]
Preview
Text
Riyandi 151131022.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Preview

Abstract

INDONESIA Penelitian pada skripsi ini dilatar belakangi karena kurangnya minat dan keikutsertaan siswa secara penuh dalam proses pembelajaran yang menjadi salah satu penyebab rendahnya aktivitas siswa dalam pembelajaran, karena penggunaan model pembelajaran yang kurang efektif pada proses pembelajaran yang berakibat rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran aqidah akhlak. Hal ini menjadi pertimbangan peneliti menggunakan pembelajaran CTL untuk mengatasi permasalahan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran CTL terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran aqidah akhlak kelas VIII MTs. Al-Azimiyah Puyahan tahun pelajaran 2017/2018. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Pendekatan ini merupakan pendekatan yang datanya diperoleh berupa angka-angka dan dianalisis menggunakan metode statistik. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar. Penelitian ini dilakukan di kelas VIII MTs. Al-Azimiyah Puyahan tahun pelajaran 2017/2018 dengan jumlah siswa 17 orang. Data dari penelitian ini diperoleh dari pre-test dan post-test kemudian dianalisis menggunakan metode statistik. Dalam menganalisis data digunakan uji statistik t-test. Sebelum melakukan uji-t terlebih dahulu dilakukan uji prasyarat, yaitu dengan melakukan uji normalitas dan homogenitas. Pada pengujian hipotesis dengan menggunakan uji-t diperoleh nilai nilai thitung (4,2) > ttabel (1,74) maka Ho ditolak. Dari data tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) efektif terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran aqidah akhlak kelas VIII MTs. Al-Azimiyah Puyahan tahun pelajaran 2017/2018.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Contextual; Teaching; Learning
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Yunita Lestari S.Adm
Date Deposited: 13 Dec 2018 02:01
Last Modified: 13 Dec 2018 02:01
URI: http://etheses.uinmataram.ac.id/id/eprint/1179

Actions (login required)

View Item View Item